Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Feb 2020 14:22 WIB

TRAVEL NEWS

5 Tips Buat Kamu yang Mau Coba Solo Traveling ke Yogyakarta

Faidah Umu Sofuroh
detikTravel
Tugu Yogyakarta di hari tanpa bayangan pukul 11.24 WIB, Sabtu (13/10/2018).
Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Yogyakarta -

Jalan-jalan bareng keluarga, teman atau sahabat memang menyenangkan. Tapi tak ada salahnya jika kamu mencoba setidaknya sekali seumur hidup buat jalan-jalan sendirian atau solo traveling.

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang pas untuk dijadikan kota tujuan para solo traveler. Sebab, Yogyakarta merupakan kota yang ramah wisatawan, kaya akan destinasi wisata, kuliner, hingga budayanya. Nah, buat kamu yang mau solo traveling ke Yogyakarta, berikut 5 tipsnya.

Riset Destinasi yang Mau Dikunjungi

Hal ini berlaku untuk setiap kali kamu traveling, apalagi saat solo traveling. Riset sangat penting untuk menentukan destinasi apa saja yang mau kamu kunjungi. Terlebih, Yogyakarta punya ratusan tempat wisata menarik.

Cari informasi tentang tempat wisata, jam buka, harga tiket masuk, retribusi, dan tempat makan terdekat. Hal ini sangat penting dilakukan agar kamu bisa menentukan budget serta jadwal atau waktu untuk jalan-jalan.

Atur Waktu Perjalanan

Setelah melakukan riset, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah atur waktu perjalanan. Sebagai seorang solo traveler, kamu bisa mengatur jadwal perjalanan sendiri. Kamu bisa sesuka hati menentukan di tempat mana kamu ingin berlama-lama menghabiskan waktu.

Pintar-pintar Menawar saat Membeli Barang

Yogyakarta adalah salah satu surga untuk berbelanja. Kamu bisa membeli banyak barang-barang bagus di Malioboro atau di Pasar Beringharjo. Namun, biasanya harga barang-barang itu akan dinaikkan untuk para wisatawan, jadi kamu harus pintar-pintar menawar barang. Salah satu caranya bisa dengan menggunakan bahasa daerah atau mengikuti logat setempat.

Bersikap Sopan dan Ramah

Saat solo traveling, kamu harus bersikap sopan dan ramah baik kepada wisatawan lain maupun kepada penduduk setempat. Sebab, kamu tak akan pernah tahu, jika suatu ketika ada masalah datang dan kamu perlu bantuan orang lain, maka orang lain akan membantumu karena sikapmu yang sopan dan ramah.

Sewa Kendaraan

Buat memudahkanmu menjelajah Kota Yogyakarta, kamu bisa menyewa kendaraan agar sampai di tempat tujuan dengan lebih cepat. Kamu bisa sewa layanan terbaru GrabBike yaitu GrabBike Tour. GrabBike Tour adalah layanan sewa GrabBike dengan pilihan waktu sewa mulai dari 2 hingga 6 jam dengan tarif terjangkau.

Petualanganmu akan aman didampingi oleh pengemudi GrabBike terlatih dengan sertifikasi sebagai Duta Wisata Grab. Layanan ini pas banget buat kamu para solo traveller saat traveling di Yogyakarta. Kamu bisa bebas turun dan mampir di manapun kamu mau dengan GrabBike Tour.

Itu dia 5 tips solo traveling ke Yogyakarta yang bisa kamu coba. Semoga solo traveling-mu menyenangkan, ya!

(prf/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA