Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 29 Feb 2020 05:05 WIB

TRAVEL NEWS

Ada-ada Saja! Jepang Buatkan KTP Khusus Hewan

Bonauli
detikTravel
Ilustrasi kucing lucu
Foto: Thinkstock
Tokyo -

Jepang dan teknologinya jadi hal yang selalu bikin penasaran dan unik. Kali ini, ada KTP digital yang dibuatkan khusus binatang peliharaan.

Kucing dan anjing jadi peliharaan yang umum di masyarakat, tak terkecuali Jepang. Tingkah yang lucu membuat suasana rumah menjadi hangat.

Tak sedikit orang yang menganggap peliharaannya sebagai keluarga. Mereka diurus dengan baik dan diberi fasilitas yang nyaman. Sayangnya, kasus hewan peliharaan hilang tetap tak terelakkan.

Untuk itu, sebuah perusahaan tekno bernama Peco bekerja sama dengan Prefektur Kanagawa. Sebuah terobosan diciptakan untuk binatang peliharaan, khususnya anjing dan kucing.



Dihimpun detikcom dari berbagai sumber, Sabtu (29/2/2020) terobosan tersebut adalah KTP digital untuk peliharaan. KTP ini disediakan gratis untuk semua peliharaan warga Jepang.

KTP digital ini berupa perangkat yang akan ditanam di bawah kulit hewan. Penanaman perangkat ini mirip dengan vaksinasi. Setelah ditanam, KTP digital akan tetap ada sampai hewan peliharaan mati. Bahkan KTP digital ini bisa jadi pelacak jika hilang.

Beragam informasi akan ditanamkan di KTP digital ini. Mulai dari nama, jenis kelamin, foto, tanggal lahir dan data keluarga pemilik. Pemilik juga bisa menambahkan beberapa informasi berupa kemampuan spesial peliharaannya. Semua informasi ini bisa menjadi bukti kepemilikan jika suatu saat sang hewan hilang atau dicuri.

Sistem microchip ini sudah dengan standar ISO (Organisasi Standar Internasional). Di bawah undang-undang saat ini, Jepang mengharuskan semua kucing dan anjing impor untuk memiliki microchip yang sesuai ISO.



Simak Video "Menikmati Kuliner Rumahan Masyarakat Jepang, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA