Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 29 Feb 2020 07:22 WIB

TRAVEL NEWS

Melongok Dapur Qatar Airways di Bandara Soekarno Hatta

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Puranta perusahaan penyedia catering untuk sejumlah penerbangan
Purantara, perusahaan penyedia catering untuk sejumlah maskapai, termasuk Qatar Airways. (Masaul/detikTravel)
Jakarta -

Qatar Airways tak memasak sendiri makanan di kabin untuk dihidangkan kepada penumpang. Maskapai ini mempercayakan makanan itu kepada Purantara.

dettikcom bersama rombongan media diajak melihat-lihat dapur milik Purantara yang melayani makanan Qatar Airways, Rabu (26/2/2020) lalu. Ini hanya penggambaran karena kami dilarang memotret segala aktivitas di dalam dapurnya.

Purantara tak hanya melayani Qatar Airways, namun ada beberapa maskapai yang juga mempercayakan makanannya di sini. Maskapai itu yakni, AirAsia, Etihad, Turkish Airlines dan beberapa maskapai lainnya.

Melongok Dapur Qatar Airways di Bandara Soekarno HattaFoto: Masaul/detikTravel

Sebagai perbandingan, penulis pernah ke SATS Food, Gedung Inflight Catering Centre milik Singapore Airlines. Anda bisa membaca di artikel berikut.

Pertama-tama, kami harus memakai baju khusus berwarna putih, penutup kepala, dan pembungkus alas kaki. Pakaian itu untuk melindungi makanan agar tak terkena kotoran dari kita.

Sebelum itu, saat masuk di pintu masuk gedung Purantara, kita harus mengisi sejumlah kuesioner. Isinya tentang penyakit yang pernah kita idap dalam jangka beberapa waktu sebelum kunjungan dan jika mencentang salah satunya maka Anda tidak diperkenankan masuk.

Mari lanjut ke tahap. Kami wajib membersihkan badan dengan alat penghilang kotoran dan mencuci tangan.

Lalu, kita akan masuk ke kotak penyemprot udara bertekanan cukup tinggi, tujuannya memastikan tak ada yang menempel di tubuh kita dan diakhiri dengan memakai pembersih tangan.

Selanjutnya, kami diajak ke ruangan sortir barang bahan makanan. Bahan yang tak memenuhi kualifikasi akan disingkirkan di sini.

Lalu, kami akan masuk ke ruang penyimpanan bahan kering. Semua bahan itu ada yang impor dan ada yang dari dalam negeri.

Bahan-bahan makanan ini sudah disesuaikan agar dapat digunakan beberapa maskapai secara bersamaan. Tiap ruangan disekat pintu karet dan terdapat pembersih tangan instan.

Lalu, kita diajak ke ruangan membuat kue dan roti, lalu ke dapur utama yang memasak makanan berat hingga ke penyimpanan barang alat makan yang sudah dicuci. Semua ruangan sangat bersih dan sedikit bau di ruangan untuk mencuci alat makan.

Tak ada robot di sini. Semua masih dikerjakan oleh manusia.



Simak Video "Yang Harus Diperhatikan Kalau Ingin Wisata di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA