Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 29 Feb 2020 09:46 WIB

TRAVEL NEWS

Kaset Rekaman yang Hilang 20 Tahun Lalu kembali Ditemukan Pemiliknya

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Mixtape
Foto: Mixtape yang ditemukan setelah hilang 20 tahun (Mandy Braker)
Stockholm -

Menemukan barang berharga yang telah hilang menjadi suatu kebahagiaan bagi seseorang. Apalagi, jika barang tersebut telah hilang puluhan tahun.

Seperti dilansir dari Travel and Leisure, seorang anak perempuan berumur 12 tahun memiliki kaset pita berisi campuran lagu buatannya sendiri pada awal tahun 1990. Gadis bernama Stella Weddel ini mengisi kasetnya dengan lagu-lagu Disney, Bob Marley, Shaggy dan beberapa penyanyi lainnya.

Saat mengunjungi resor Costa Brava di Empuriabrava, Eropa, Stella kehilangan kaset rekaman atau mixtape kesayangannya. Namun tak disangka, dia dapat menemukan benda itu 20 tahun kemudian.

Tahun 2019, Stella mengunjungi sebuah pameran fotografer Mandy Braker di Galeri Fotografiska di Stockholm, Swedia. Di sinilah peristiwa yang tak terduga terjadi. Dia menemukan benda yang tak asing baginya dipajang, mixtape yang sudah lama hilang.

Awalnya, Stella tidak yakin apakah mixtape yang terpajang adalah miliknya. Lalu, dia membandingkan daftar lagu yang tertera dengan CD miliknya yang juga berisi lagu yang sama persis dengan mixtapenya yang hilang. Ternyata benar, mixtape ini adalah milik Stella.

Stella lalu mengirim email kepada Barker, mengatakan bahwa kemungkinan mixtape yang ada di pameran adalah miliknya. Dia mengaku sering membuat mixtape dari CD untuk mendengarkan lagu-lagunya menggunakan Walkman saat berlibur.

"Ketika saya membaca daftar lagu, rasanya sangat akrab bagi saya, jadi, saya mengambil foto itu dan membandingkannya dengan CD asli dari tahun 1993 yang masih saya miliki, dan itu adalah daftar lagu yang persis sama, tetapi dimulai dari trek tiga," kata Stella.

Mixtape ini menempuh perjalanan lebih dari 1.200 mil dari Pulau Mallorca ke Playa de Barlovento de Jandia, sebuah pulau Spanyol di lepas pantai Afrika, saat ditemukan oleh Barker, si pemilik pameran pada tahun 2017.

Barker memasukkan mixtape ini ke dalam pameran kelilingnya yang bertema 'Laut Artefak', yang mendokumentasikan sampah plastik di seluruh dunia. Dia lalu menghubungi Kepala Unit Penelitian Sampah Laut Internasional di Universitas Plymouth untuk memverifikasi bahwa mixtape yang ditemukannya dapat melakukan perjalanan sejauh ini.

"Sangat sulit untuk mengatakan dengan tepat berapa lama pita itu berada di laut, Namun fakta bahwa pita itu bertahan utuh menunjukkan daya tahan plastik dan ancaman yang dapat ditimbulkannya terhadap lingkungan laut," katanya.

Saat mengetahui kaset ini adalah milik Stella, Barker hampir tidak mempercayainya. Namun, Stella sangat beruntung dapat menemukan benda yang telah hilang 20 tahun lamanya.

"Sejujurnya, aku tidak bisa mempercayainya untuk sementara waktu. Bahkan setelah kaset itu diputar, itu adalah kesempatan luar biasa bagi Stella karena berkunjung ke pameran saya dan mengenali rekamannya," kata Barker.



Simak Video "Komunitas Airwheel, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA