Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Mar 2020 12:45 WIB

TRAVEL NEWS

Pulau Galang: Lokasi RS Corona, Sejarah, dan Wisata

Rosmha Widiyani
detikTravel
Pulau Galang Batam
Pulau Galang: Lokasi RS Corona, Sejarah, dan Wisata (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Indonesia akan membangun rumah sakit atau RS Corona di Pulau Galang, Kepulauan Riau, yang juga menangani penyakit menular lainnya. Pembangunan RS Corona sesuai perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang dilanjutkan peninjauan lokasi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Saat ini kita berada di wilayah Galang, tempat di mana waktu tahun 1979 sampai '96 dijadikan tempat para pengungsi Vietnam. Dan kita lihat gedung-gedung untuk RS, termasuk gedung-gedung tempat beribadah masih ada," kata Marsekal Hadi.

Fakta-fakta seputar Pulau Galang

1. Letak Pulau Galang

Pulau Galang merupakan bagian dari Kepulauan Riau yang memiliki luas sekitar 80 kilometer persegi. Wilayah Pulau Galang merupakan bagian dari gabungan tiga pulau yang disebut Barelang yaitu Batam, Rempang, dan Galang. Ketiganya dihubungkan dengan jembatan Barelang yang terletak di sebelah selatan Singapura dan Johor, Malaysia. Kota terdekat dari Pulau Galang adalah Tanjung Pinang, Bintan, yang bisa ditempuh sekitar 30 menit dengan kapal motor.

Jembatan BarelangJembatan Barelang Foto: Dok. Kemenpar

2. Sejarah Pulau Galang

Pulau Galang pernah menjadi tempat penanganan pengungsi dari Vietnam atau yang kerap dijuluki manusia perahu (Vietnamese Boat People) antara tahun 1979 sampai 1996. Ketika itu, Indonesia masih dipimpin oleh Presiden Soeharto. Bantuan pada manusia perahu bukan hanya karena Keputusan Presiden atas dasar ketetapan hukum nasional. Tapi juga merujuk pada ketentuan hukum internasional. Sisa-sisa kehidupan manusia perahu di Pulau Galang masih bisa terlihat hingga kini.

Kampung Vietnam BatamKampung Vietnam Batam Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

3. Lokasi RS Corona, Pulau Galang

Menurut Presiden Jokowi, RS Corona dibangun dengan merenovasi fasilitas kesehatan yang telah ada sebelumnya. RS tersebut sudah lama tidak beroperasi, sehingga harus diperbaiki sebelum khusus melayani pasien dengan virus corona.

Bangunan yang akan menjadi RS Corona di Pulau GalangBangunan yang akan menjadi RS Corona di Pulau Galang Foto: Agus Siswanto Siagian

"Bukan bangun, karena fasilitas ada tapi lama tidak digunakan, akan renovasi dalam waktu cepat. Kita miliki Pulau Sebaru, Pulau Galang, Natuna, pilihan-pilihan. Tidak semua harus dibawa di Sebaru," kata Jokowi.

4. Wisata Pulau Galang

Kendati menjadi lokasi pembangunan RS Corona, Pulau Galang jangan sampai menimbulkan kesan horor. Karena di Pulau Galang banyak potensi wisata yang bisa dinikmati.

a. Bekas penampungan manusia perahu

Pulau Galang: Lokasi RS Corona, Sejarah, dan WisataFoto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

Di lokasi ini, pengunjung bisa mengetahui wisata sejarah Pulau Galang zaman dulu. Berbagai bekas fasilitas umum masih bisa dilihat di kamp, yang kabarnya tertutup dari masyarakat umum ini.

b. Jembatan Barelang

Jembatan BarelangJembatan Barelang Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

Jembatan Barelang yang membentang di Pulau Galang adalah warisan almarhum Presiden BJ Habibie. Jembatan ini dibangun pada 1992-1998 yang menghubungkan Pulau Gelang dan enam pulau lainnya. Dengan panjang sekitar 54 kilometer, Jembatan Barelang menjadi ikon wisata wilayah tersebut.

c. Pantai Melur

Pantai Melur tak hanya terkenal dengan pasirnya yang halus dan permainan air. Beberapa yang bisa dinikmati adalah speed boat dan banana boat atau perahu pisang. Fasilitas ini tersedia beberapa buah sehingga tak perlu khawatir mengantri terlalu lama di Pulau Galang.



Simak Video "Panglima TNI-Menteri PUPR Cek Pulau Galang Terkait Rencana RS Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA