Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Mar 2020 13:00 WIB

TRAVEL NEWS

Datang ke Indonesia, Raja Belanda Juga Kunjungi Tempat Wisata

Bonauli
detikTravel
Virus Corona membuat sapaan berupa jabat tangan menjadi tabu. Hal itu terlihat saat kunjungan RaJa Belanda ke Indonesia.
Foto: AP/Dita Alangkara
Jakarta -

Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima tiba di Indonesia. Selain melakukan kunjungan kenegaraan, mereka juga akan mengunjungi tempat wisata. Tak sendiri, mereka juga ditemani oleh sejumlah menteri Belanda.

"Kunjungan kenegaraan menegaskan hubungan dekat antara kedua negara dan akan diarahkan untuk kerja sama di masa depan. Program ini akan fokus pada ekonomi, konservasi alam, budaya, ilmu pengetahuan dan ikatan antara masyarakat Indonesia dan Belanda. Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima akan ditemani sejumlah menterinya," seperti dilihat detikcom dalam situs resmi Kerajaan Belanda, Selasa (10/3/2020).

Menurut informasi dari situs Kerajaan Belanda, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima akan berkeliling ke beberapa daerah di Indonesia. Berikut daftar perjalanannya.


Selasa 10 Maret-Jakarta


Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima di Jakarta pada 10 Maret yakni meletakkan karangan bunga di TMP Kalibata untuk menghormati pahlawan yang gugur di medan perang selama perang Kemerdekaan RI 1945-1949. Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima juga akan mengikuti upacara penyambutan resmi di istana Presiden di Bogor.

Sore harinya, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima akan meletakkan karangan bunga di Pemakaman Menteng Pulo, tempat peristirahatan 4.300 tentara Belanda yang tewas selama Perang Dunia Kedua dan Perang Kemerdekaan RI. Kemudian melanjutkan ke pabrik cokelat Pipiltin Cocoa

Malam hari Raja dan Ratu akan hadir pada penandatanganan perjanjian kemitraan antara bisnis Indonesia dan Belanda. Setelah itu, mereka akan mengunjungi pameran foto di Erasmus Huis.



Rabu 11 Maret-Yogyakarta


Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima akan terbang ke Yogyakarta. Pihak Kerajaan Belanda akan diterima Sultan Hamengkubuwono X di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima juga akan berkunjung ke Universitas Gadjah Mada terkait kemitraan ilmiah dan akademik antara Indonesia dan Belanda.

Saat malam hari, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima akan menjelajahi komplek Candi Prambanan. Di sana, Raja dan ratu akan membicarakan tentang berbagai pemimpin agama dengan toleransi beragama.

Kunjungan dilengkapi dengan pertunjukan tradisional ramayana dan konser oleh grup musik modern Rubah di Selatan.



Kamis 12 Maret-Kalimantan


Hari ketiga kunjungan akan berlangsung di Kalimantan. Kunjungan kenegaraan ini memiliki tema konservasi alam.

Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima akan mengunjungi pusat penelitian yang terletak di tengah hutan rawa gambut di Taman Nasional Sebangau.

Tur yang diberikan berkaitan dengan pengelolaan air dan reboisasi serta kelangsungannya pada pelestarian habitat orang utan.

Perjalanan akan dilanjutkan dengan kunjungan ke Pusat Penyelamatan Orangutan Nyaru Menteng. Di sini ada lebih dari 316 bayi orang utan yang dirawat karena yatim piatu dan terlantar.

Raja dan Ratu juga akan melihat langsung pertanian model Dayak. Kunjungan akan ditutup dengan sesi pelatihan program sepakbola, Pledge United. Program ini dirancang untuk membantu anak laki-laki Indonesia memahami soal kekerasan berbasis gender.



Jumat 13 Maret-Sumatera


Di hari terakhir, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima akan berkunjung ke Danau Toba. Kunjungan ini berfokus pada ekowisata dan kualitas air. Setelah mampir ke Danau Toba, Kerajaan Belanda juga akan mengunjungi desa Batak Tradisional.

Setelah itu, Raja dan Ratu juga akan berkunjung ke Del Institute of Technologi dan belajar soal pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Rasanya kunjungan kurang lengkap kalau cuma memandangi Danau Toba. Raja dan Ratu juga menjelajahi Pulau Samosir di tengah danau. Desa Silima Lombu akan jadi tujuannya. Di sana Raja dan Ratu akan ditunjukkan tentang potensi pariwisata berkelanjutan dan pertanian organik skala kecil.

Itulah beberapa destinasi wisata yang akan dikunjungi Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dalam kunjungan kenegaraannya selama beberapa hari mendatang. Kalau traveler, sudah pernah datang ke sana



Simak Video "Raja Belanda Minta Maaf ke Indonesia atas Kekerasan Masa Lalu!"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA