Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Mar 2020 21:09 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Kopi Nasional, Kenali Perbedaan Arabika dan Robusta

Lusiana Mustinda
detikTravel
kulit biji kopi
Perbedaan biji kopi arabika dan robusta. Foto: iStock
Jakarta -

Hari Kopi Nasional diperingati pada 11 Maret 2020. Indonesia dikenal sebagai salah satu penghasil biji kopi terbaik. Meskipun banyak jenisnya, kopi ada yang berasal dari biji kopi arabika dan juga robusta.

Ada perbedaan antara kopi arabika dan robusta. Mulai dari fisik hingga ciri khas rasanya. Kopi robusta adalah kopi yang paling populer kedua di dunia setelah arabika.

Dalam wujud biji, biji kopi arabika lebih lonjong, belahan berkeluk dan bercitarasa kompleks. Sedangkan untuk robusta memiliki bentuk yang bulat, belahan lurus dan rasanya lebih monoton.

Perbedaan arabika dan robusta:

1. Tanaman


Arabika secara luas dianggap sebagai kopi paling populer di kalangan pecinta kopi premium. Biji kopi arabika memiliki rasa yang lembut, ringan sehingga lebih mudah dinikmati orang. Brasil jadi salah satu produsen kopi arabika dan Vietnam jadi salah satu pemimpin produsen kopi robusta.

Kopi arabika ditanam di dataran kurang dari 700 mdpl. Sementara itu kopi robusta tumbuh di daratan rendah yaitu di bawah 700 mdpl.

2. Kandungan Kafein


Biji kopi robusta mengandung lebih banyak kafein daripada biji kopi arabika. Kacang robusta mengandung 2,7 persen kandungan kafein. Dan biji kopi arabika umumnya mengandung kafein sebesar 1,5 persen.

Selain kafein, ada perbedaan juga antara arabika dan robusta dari segi kandungan antioksidan. Biji kopi robusta mengandung 7 hingga 10 persen asam klorogenik tetapi arabika hanya sekitar 5,5 hingga 8 persen.

Perbedaan kopi arabika dan robusta.Perbedaan kopi arabika dan robusta. Foto: iStock

3. Bentuk Biji


Dari segi bentuk, biji kopi arabika dan robusta juga berbeda. Kopi arabika memiliki bentuk biji sedikit memanjang dan agak pipih dengan ukuran yang agak besar. Biji kopi robusta berbentuk agak membulat dan terlihat lebih padat.

4. Rasa dan Aroma Kopi


Kopi robusta memiliki rasa yang cenderung pahit. Kopi ini cocok dibuat sebagai espresso. Sedangkan untuk kopi arabika cenderung memiliki rasa yang lebih banyak rasa fruity dan lebih 'manis'.

Saat disangrai kopi arabika bisa mengeluarkan semburat aroma wangi mulai dari buah, bunga serta kacang-kacangan. Sedangkan untuk robusta ketika disangrai memiliki aroma seperti kacang-kacangan.

Perbedaan biji kopi arabika dan robusta.Perbedaan biji kopi arabika dan robusta. Foto: iStock

5. Mana yang Lebih Baik?


Baik kopi arabika dan robusta masing-masing memiliki penggemarnya. Jika dikatakan mana yang lebih baik? Keduanya memiliki ciri khasnya tersendiri. Beberapa penjual kopi ada juga yang mengkombinasikan antara jenis kopi robusta dan arabika.



Simak Video "Melihat Proses Pengolahan Kopi, Karo"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA