Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Mar 2020 22:20 WIB

TRAVEL NEWS

Ingin Nonton Sendratari Ramayana Kayak Raja Belanda? Ini Caranya

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ramayana Ballet Prambanan
Ilustrasi Sendratari Ramayana di Candi Prambanan (Randy/detikcom)
Sleman -

Bertolak ke DI Yogyakarta, Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima akan menonton Sendratari Ramayana di Candi Prambanan. Ini cara dan biayanya

Menutup kunjungan Raja dan Ratu Belanda di DI Yogyakarta, keduanya bertandang ke Candi Prambanan di Sleman. Tak hanya melihat kemegahan candi Hindu tersebut, keduanya juga makan malam sambil disuguhkan pertunjukan Sendratari Ramayana yang populer di kalangan wisatawan.

Seperti diketahui, Sendratari Ramayana atau Ramayana Ballet Prambanan merupakan salah satu atraksi budaya yang tak boleh dilewatkan saat berwisata ke DI Yogyakarta. Pertunjukan ini pun cukup populer di kalangan turis asing.

Didasarkan dari epos Hindu Ramayana yang diadaptasi ke budaya Jawa, pertunjukan Sendratari Ramayana telah dilangsungkan di Candi Prambanan sejak tahun 1961 silam hingga kini.

Suasana jelang pertunjukanSuasana jelang pertunjukan (Randy/detikcom)

Didasarkan dari epos Hindu Ramayana yang diadaptasi ke budaya Jawa, pertunjukan Sendratari Ramayana telah dilangsungkan di Candi Prambanan sejak tahun 1961 silam hingga kini.

Secara garis besar Ramayana menceritakan perjalanan Rama dalam menyelamatkan istrinya Sita atau biasa disebut Sinta dalam cerita Jawa. Sinta diculik oleh raja Negara Alengka, Rahwana yang juga merupakan raksasa sakti.

Bagi yang belum pernah menonton, Sendratari Ramayana adalah pertunjukan yang mengkombinasikan tarian dengan kisah drama tanpa dialog. Penampilnya mengenakan pakaian adat Jawa hingga kostum yang didasarkan pada tokoh di Mitos Ramayana.

Seperti dijelaskan dalam situs resmi Borobudur Park, Rabu (11/3/2020), pertunjukan Sendratari Ramayana diramaikan oleh lebih dari 200 penari profesional serta musisi gamelan.

Yang menariknya lagi, pertunjukan ditampilkan di pelataran luas dengan Candi Prambanan sebagai latar belakangnya. Suasana pun kian syahdu ketika traveler berkunjung saat malam bulan penuh atau purnama.

Ingin Nonton Sendratari Ramayana Kayak Raja Belanda? Ini CaranyaPertunjukan ini diramaikan oleh ratusan penari (Randy/detikcom)

Selain di Theater Prambanan (Open Stage), Sendratari Ramayana juga dapat disaksikan indoor di Panggung Trimurti apabila cuaca kurang mendukung.

Sedangkan untuk harga tiketnya, bervariasi dari VIP (Rp 450 ribu), special (Rp 300 ribu), Class I (Rp 200 ribu), Class II (Rp 150 ribu) dan tiket pelajar (Rp 50 ribu). Harga yang sama juga diterapkan untuk pertunjukan Sendratari Ramayana di Panggung Trimurti.

Apabila tertarik mau melihatnya, pertunjukan diadakan setiap hari pada pukul 19.30 - 21.30 WIB. Tiket pun bisa dipesan online atau dengan datang langsung ke loket tiket di Candi Prambanan.



Simak Video "Raja dan Ratu Belanda Nikmati Cokelat Indonesia di Pipiltin Cocoa"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA