Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Mar 2020 12:30 WIB

TRAVEL NEWS

Di Prambanan, Raja dan Ratu Belanda Nonton Pentas Sendratari Ramayana

Jauh Hari Wawan S
detikTravel
Raja dan ratu belanda di Prambanan
Foto: (Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Sleman -

Raja dan Ratu Belanda mengakhiri kunjungan di Yogyakarta dengan berkunjung ke Prambanan. Di sana mereka menonton Pentas Sendratari Ramayan.

Raja Belanda, Willem Alexander dan Ratu Maxima menutup kunjungannya di Daerah Istimewa Yogakarta (DIY) dengan disuguhi pertunjukan sendratari Ramayana di panggung tertutup Ramayana Balet, Prambanan. Sendratari itu mengangkat salah satu fragmen cerita saat Sinta diculik oleh Rahwana.

Pantauan detikcom, Rabu (11/3/2020) Raja Willem bersama Ratu Maxima tiba di panggung tertutup sekitar pukul 17.40 WIB. Selama sekitar 30 menit, raja dan ratu duduk menonton pertunjukan.

Di Prambanan, Raja dan Ratu Belanda Nonton Pentas Sendratari RamayanaFoto: (Jauh Hari Wawan S/detikcom)



Sesekali Raja Willem berdecak kagum dengan sendratari yang disajikan. Bahkan pada adegan pasukan kera hendak keluar panggung dan salah satu tokoh kera melakukan salto, Raja Willem tersenyum puas.

Di akhir pertunjukan Raja Willem dan Ratu Maxima memberikan tepuk tangan yang meriah. Keduanya lantas menghampiri para penari untuk memberi selamat.



Usai pertunjukan sendratari Ramayana dilanjutksn dengan pertunjukan musik etnik kontemporer dari salah satu band indie Rubah Di Selatan. Band tersebut membawakan satu repertoar lagu. Raja dan ratu pun turut memberikan selamat.

Di Prambanan, Raja dan Ratu Belanda Nonton Pentas Sendratari RamayanaFoto: (Jauh Hari Wawan S/detikcom)



Usai menonton pertunjukan, sekitar pukul 18.41 WIB Raja Willem beserta rombongan lantas melanjutkan perjalanan ke bandara untuk meneruskan perjalanan.

Sementara itu, Endra Wijaya (29), salah seorang penari mengatakan usai pertunjukan, Raja Willem dan Ratu Maxima memberikan apresiasi terhadap pertunjukan yang disajikan.

"Kalau yang saya ingat tentang, raja dan ratu sangat mengapresiasi pertunjukan dan senang bisa melihat pertunjukan Ramayana. Mereka bilang pertunjukannya spektakuler," kata pemuda asal Kalasan yang berperan sebagai Hanuman itu.

Sebelum melihat pertunjukan Ramayanan, Raja Willem diagendakan datang di acara Dialog Lintas Agama yang diselenggarakan oleh Indonesian Consortium for Religious Studies (ICRS) di Museum Candi Prambanan. Rombongan datang pukul 16.45 WIB. Selang beberapa saat kemudian rombongan Raja Belanda menuju Ramayana Ballet Prambanan.

Di Prambanan, Raja dan Ratu Belanda Nonton Pentas Sendratari RamayanaFoto: (Jauh Hari Wawan S/detikcom)



Saat tiba di Prambanan, Raja Willem mengenakan setelan jas berwarna krem dengan baju berwarna putih dan dasi biru. Sedangkan Ratu Maxima mengenakan gaun berwarna coklat.

GM Prambanan, Aryono Hendro mengatakan kunjungan Raja Belanda ke Candi Prambanan merupakan sebuah keuntungan besar. Apalagi saat ini di seluruh dunia digegerkan dengan isu virus corona (Covid-19).

"Artinya apa, Prambanan ini aman untuk dikunjungi," kata Aryono saat ditemui di Prambanan, Rabu (11/3/2020).

Prambanan, kata Aryono disebut sebagai salah satu world heritage. Oleh karenanya, sebelumnya Raja Willem dijadwalkan untuk melakukan sesi foto di halaman Candi Prambanan.

"Namun karena pertimbangan cuaca sehingga tidak jadi ada sesi foto," ucapnya.



Simak Video "Raja Belanda Minta Maaf ke Indonesia atas Kekerasan Masa Lalu!"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA