Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Mar 2020 07:47 WIB

TRAVEL NEWS

Tentang Pulau Kecil Tempat Tanam Jimat di Tengah Sungai yang Jadi Rebutan

Arbi Anugrah
detikTravel
Pulau Momongan Cilacap
Pulau Momongan di Cilacap (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Cilacap -

Pulau Momongan yang berada di Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menjadi rebutan. Dulu, tempat itu merupakan tempat menanam jimat.

Pulau Momongan berada di kawasan paling timur Cilacap dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Kebumen. Pulau Momongan itu merupakan pulau yang muncul dari tanah timbul yang kemudian ditumbuhi mangrove di tengah-tengah Sungai Bodo Ijo.

Dengan adanya hutan mangrove, tanahnya pun semakin stabil dan menjadi potensi wisata alam. Dengan keunggulan itu, Pulau Momongan menjadi rebutan dua kaupaten, Cilacap dan Kebumen.

Selama ini, untuk menjaga magrove tersebut, Kelompok Tani Alam Lestari lah yang memantaunya. Anggota kelompok tani itu pula yang rutin membersihkan sampah di aliran sungai itu.

Tasimin (56), Ketua Kelompok Tani Alam Lestari, mengingat saat dirinya diminta untuk menjaga dan merawat mangrove di pulau yang mempunyai luas sekitar 3 hektare tersebut.

"2018 menanam mangrove di Pulau Momongan. Waktu itu, saat saya menanam pohon mangrove masih jarang jarang," kata Tasimin kepada wartawan saat seremonial penanaman 50.000 bibit tanaman mangrove oleh Pertamina RU IV Cilacap, Kamis (12/3/2020).

"Ceritanya rebutan Kebumen dan Cilacap itu, saya tidak tahu persis. Dulunya, Pulau Momongan ada sengketa dari Kebumen. Terus dipasang tracking dan gazebo, sudah jadi wisata itu di (pantai) Ayah Kebumen. Lalu ada klaim dari Cilacap lalu jadi milik Cilacap sekarang, saya ditunjuk sama pak kades ngurus Pulau Momongan," dia menjelaskan.

Setelah dimiliki oleh Cilacap, seluruh jalur tracking dan gazebo yang dibuat dibongkar. Sejak saat itulah, kelestarian hutan mangrove di Pulau Momongan terus dijaga oleh anggota Kelompok Tani tersebut.

Merawat Pulau Kecil Ditengah Sungai di Cilacap dengan MangrovePulau Momongan di Cilacap (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)

Bahkan kini, rencananya akan dikembangkan kembali menjadi wisata hutan mangrove oleh pemerintah Kabupaten Cilacap. Meskipun baru akan dikembangkan, namun ada saja wisatawan yang datang mengunjungi Pulau Momongan meskipun hanya untuk berswafoto.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA