Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Mar 2020 12:15 WIB

TRAVEL NEWS

Tempat Wisata di Lembang Bandung Tutup 14 Hari, Efek Corona

Whisnu Pradana
detikTravel
Corona Pandemik, Tempat Wisata di Lembang Bandung Tutup 14 Hari
Foto: Whisnu Pradana/detikcom
Bandung Barat -

Pandemi COVID-19 akhirnya membuat Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, menutup semua objek wisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat (KBB), selama 14 hari ke depan.

Ia mengatakan, penutupan 33 objek wisata yang ada di KBB itu dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran wabah COVID-19 melalui kontak langsung saat massa berkumpul di satu tempat.Pandemi Corona (Covid-19) akhirnya membuat Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, menutup semua objek wisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat (KBB), selama 14 hari ke depan.

"Betul, saya memutuskan untuk melakukan penutupan semua objek wisata di KBB, terutama di kawasan Lembang mulai hari ini sampai 14 hari ke depan," ujar Aa Umbara saat ditemui di Kantor Pemkab Bandung Barat, Rabu (18/3/2020).

Umbara mengakui ada beberapa pengelola wisata yang menyampaikan keberatan atas penutupan tersebut dengan pertimbangan biaya menggaji karyawan selama diliburkan untuk 2 pekan ke depan.

"Kalau yang keberatan pasti ada, namun ini demi kebaikan agar ke depan tidak terjadi apa-apa. Mudah-mudahan dengan adanya penutupan wisata ini penyebaran virus corona tidak terus terjadi," katanya.

Corona Pandemik, Tempat Wisata di Lembang Bandung Tutup 14 HariTempat wisata di Bandung Barat ditutup selama 14 hari (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)

Pihaknya memastikan, tidak akan ada pengelola yang melanggar aturan untuk tetap membuka objek wisatanya selama 2 minggu ke depan.

"Jadi saya mohon kepada seluruh pemilik obyek wisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat tutup dari mulai hari ini. Usahanya sudah puluhan tahun dan pasti dapat untung banyak jangan merengek karena kehilangan untung di 14 hari ke depan," tuturnya.

Untuk memastikan tidak ada wisata yang beroperasi setelah ada arahan ditutup selama 14 hari, pihaknya bakal melakukan pengecekan langsung melalui dinas terkait.

"Besok dinas terkait akan turun memantau, nanti kalau virusnya sudah aman akan buka lagi. Kita lihat saja perkembangannya," ucapnya.

Sebelumnya, Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC) menjadi destinasi wisata pertama di Lembang yang memutuskan untuk tutup dan meliburkan 150 karyawannya.

Menurut General Manager TWGC, Sapto Wahyudi, pihaknya sudah siap kehilangan pendapatan yang diperkirakan mencapai Rp 1 miliar akibat pembatalan kunjungan 7.000 tamu hanya dalam waktu satu minggu.

"Kalau kami sudah tutup sejak Senin (16/3) kemarin, dengan pertimbangan keamanan dan memang pasar (wisatawan) juga sudah lesu. Hanya seminggu, sekitar 7.000 tamu cancel, tapi itu risiko dan demi menjaga diri dari COVID-19 juga," kata Sapto.



Simak Video "Bentuk Dukungan Selebriti untuk Memerangi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA