Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Mar 2020 22:45 WIB

TRAVEL NEWS

Kawasan Malioboro Disemprot Disinfektan dengan Drone dan Manual

Pradito Rida Pertana
detikTravel
Penyemprotan Disinfektan di Malioboro
Foto: (Sukma Indah Permana/detikcom)
Yogyakarta -

Pemerintah DIY melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Malioboro. Selain secara manual, penyemprotan juga dilakukan menggunakan drone, keren juga ya?

Penyemprotan disinfektan oleh BPBD DIY dilakukan dari kawasan Malioboro hingga Pasar Beringharjo. Sedangkan penyemprotan disinfektan menggunakan drone dilakukan untuk menjangkau titik yang sulit dijangkau lewat penyemprotan manual.

Antisipasi Corona, Pemda DIY Semprot Disinfektan di Malioboro Foto: (Sukma Indah Permana/detikcom)

Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan bahwa, Malioboro menjadi salah satu pusat kegiatan, baik kegiatan pariwisata maupun sektor ekonomi. Karena itu, perlu perhatian khusus untuk memastikan Malioboro tetap steril.

"Jadi, kita ingin seluruh masyarakat di DIY dan komunitas-komunitas bersama-sama untuk melakukan pembersihan. Kalau perlu, penyemprotan disinfektan ini bisa kita laksanakan dengan masif dan di mana-mana dengan secara kontiyu, mudah-mudahan DIY steril dari virus (Corona)," katanya saat ditemui wartawan di kawasan Malioboro, Jumat (20/3/2020).

Terkait pelibatan Remote Pilot Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) DIY, untuk menyemprot disinfektan menggunakan drone, Aji menyebut hal itu sebagai bentuk sinergitas Pemda dengan komunitas-komunitas. Terlebih, titik-titik yang sulit dijangkau dengan penyemprotan secara manual dapat dijangkau dengan drone.

"Saya kira, ada tempat-tempat yang tidak memungkinkan disemprot dengan mobil atau manual oleh orang karena ada tempat-tempat tinggi yang sulit dijangkau. Karena itu, penggunaan drone jadi alternatif untuk (menyemprot disinfektan) ke tempat-tempat yang tidak memungkinkan," ucapnya.

Antisipasi Corona, Pemda DIY Semprot Disinfektan di Malioboro Foto: (Sukma Indah Permana/detikcom)



Aji menambahkan, bukan tidak mungkin ke depannya Pemda DIY akan menggandeng Remote Pilot FASI DIY dalam kegiatan penyemprotan disinfektan. Terlebih, jika penyemprotan disinfektan dengan drone dirasa lebih efektif.

"Tapi tentu juga karena drone dirasa efektif, lebih mudah, jadi nanti saya kora bisa terus menerus (dilakukan penyemprotan disinfektan menggunakan drone)," katanya.

Sementara itu, Koordinator Remote Pilot FASI DIY, Kristianus Nugroho Budiantoro menuturkan, pihaknya ikut serta dalam penyemprotan disinfektan sebagai bentuk dukungan untuk mengurangi penyebaran wabah virus Corona di Yogyakarta. Namun, untuk kali ini pihaknya baru menerbangkan 1 drone saja sebagai uji coba.

"Hari ini bawa 3 drone, yang terbang 1 dulu untuk trial dan beberapa hari ke depan kita melalukan hal yang sama. Tadi kita ngetes jaraknya 300 meter untuk sekali flight dengan ketinggian 4 sampai 5 meter," katanya.



Nugroho melanjutkan, setiap satu drone nantinya membawa cairan disinfektan sekitar 10-20 liter. Di mana cairan tersebut berasal dari BPBD DIY.

"Yang kita gunakan ini yang 10 liter bisa mencapai 1 hektar dengan waktu 15 menit. Ini merupakan drone spray pertanian cuma kami modifikasi," ucapnya.



Simak Video "Cegah Corona, PMI Semprotkan Disinfektan di SMP 216 Salemba"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA