Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 22 Mar 2020 10:15 WIB

TRAVEL NEWS

Tunda Traveling, Para Travel Influencer Andalkan Tabungan

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
traveler
Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta -

Tak sedikit travel influencer yang terpaksa menunda semua kegiatannya di tengah pandemi corona. Marischka Prudence dan Gemala Hanafiah pun berbagi kisahnya.

Di tengah pandemi corona atau COVID-19, tak sedikit para travel influencer yang harus mengalami pembatalan job dan mengisolasi diri di rumah sementara waktu untuk ikut mencegah penyebaran virus corona.

Di satu sisi, para travel influencer yang hidup dari perjalanan dan membuat konten pun terpaksa rehat sejenak. Pada akhirnya, tak sedikit yang harus bergantung pada pundi tabungan masing-masing.

Hal itu pun diungkapkan oleh Gemala Hanafiah, surfer sekaligus diver yang kerap mempromosikan keindahan alam bawah laut Indonesia di laman Youtube pribadinya.

Melalui unggahan di laman Instagramnya, Gemala menceritakan keluh kesahnya yang harus bergantung pada tabungannya. Sebagai pekerja kreatif atau freelance, sepi job berarti tiada pemasukan. Lain halnya dengan para pekerja kantoran yang masih bisa hidup dari gaji bulanan.

Menyadari resiko sebagai pekerja freelance, Gemala pun telah menyiapkan sejumlah tabungan untuk dana darurat. Besarannya pun telah ia perhitungkan sesuai dengan kebutuhannya selama beberapa bulan mendatang.

"Makanya dana darurat itu gedenya 6 kali pengeluaran bulanan kita. Jangan remehin menabung yaaa," tulis Gemala di takarirnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh ex presenter berita dan travel influencer Marischka Prudence. Mengalami hal serupa di tengah pandemi corona, Marischka yang juga disebut Prue turut menekankan pentingnya memiliki tabungan darurat.

"Untuk bertahan pada akhirnya mengandalkan tabungan sih, untungnya gw dari dulu sudah selalu sedia tabungan minimal untuk 6 bulan kebutuhan hidup dasar + dana darurat (kayak buat rumah sakit gitu walaupun tetep ada asuransi), karena kita kan gak dapat gaji bulanan, jadi apapun bisa kejadian (termasuk pandemic ini)," ujar Prue saat dihubungi detikcom via pesan singkat.

Berkat tabungan yang telah dipersiapkan untuk kondisi darurat, Prue yang merupakan seorang freelancer dan pekerja kreatif masih bisa bertahan di tengah kondisi pandemi ini. Walau tak banyak pemasukan seperti biasa, Prue masih merasa aman berkat simpanan dananya.

"So far sih masih ngerasa aman, karena tabungan masih cukup dan di saat kayak gini karena mostly di rumah saja. Jadi gak gitu banyak pengeluaran, hanya kebutuhan dasar saja," ujar Prue.

Tips dari Gemala dan Prue tentunya bisa jadi wejangan bagi para pekerja freelancer atau industri kreatif yang bergantung dari sektor pariwisata. Tak melulu soal tips atau cara traveling, simpanan tabungan tak kalah penting di masa-masa seperti sekarang.



Simak Video "InstaTalk!: Jeritan Hati Traveler Gemala Hanafiah Saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA