Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 22 Mar 2020 14:45 WIB

TRAVEL NEWS

Maskapai Jepang Melawan Virus Corona

Bonauli
detikTravel
Ilustrasi Japan Airlines
Foto: Dina Rayanti/detikTravel
Tokyo -

Jepang tak luput dari pandemi Corona. Tak lockdown, Jepang memilih berperang bersama, termasuk lewat maskapai.

Jepang tak hanya serius melakukan pencegahan penyebaran virus Corona di masyarakat. Tapi juga lewat transportasi seperti pesawat.

Japan Airlines (JAL) dan All Nippon Airways (ANA), menjadi dua maskapai kebanggaan Jepang. Penumpang pesawat menurun drastis, jelas. Namun masih ada beberapa rute yang dilayani. Dua maskapai ini melakukan langkah-langkah dalam pencegahan penyebaran virus Corona.

Diintip detikcom dari situs resmi JAL dan ANA, berikut langkah yang akan dilakukan oleh dua maskapai Jepang dalam melawan virus Corona:

1. Pengurangan rute penerbangan

Jepang tak melakukan sistem lockdown. Namun ada beberapa rute penerbangan yang di kurangi. Rute ini termasuk penerbangan internasional dan domestik.

2. Kualitas udara kabin pesawat

Tiap armada yang dimiliki oleh JAL dan ANA akan menjaga sirkulasi udara di dalam pesawat. Kabin pesawat akan dialiri udara segar tiap dua hingga tiga menit.

Kemudian ada sistem HIgh Efficiency Particular Air atau HEPA yang merupakan filter dirancang untuk memfilter 99,97 persen partikel artikel udara halus yang lebih besar dari 0,3 mikrometer.

3. Menggunakan masker dan sarung tangan

Seluruh staff maskapai hingga awak kabin akan menggunakan masker dan sarung tangan. Kebijakan ini akan diberlakukan di penerbangan internasional dan domestik.

Masker dan sarung tangan akan tetap digunakan selama penerbangan. Termasuk saat menyajikan makanan dan minuman.

4. Pembatasan masuk ke Jepang

Jepang juga memberlakukan pembatasan bagai beberapa traveler. Khususnya untuk traveler yang baru saja mengunjungi beberapa area terdampak virus Corona.

Traveler yang baru saja mengunjungi daerah-daerah terdampak akan diminta untuk dikarantina selama 14 hari.

5. Disinfektan kabin pesawat

Pesawat yang beroperasi akan dibersihkan dengan disinfektan. Seluruh area seperti meja, kursi, sandaran lengan, monitor atau pengontrol IFE, toilet akan dibersihkan dengan disinfektan.

6. Lounge

Semua makanan dan minuman yang berada di Lounge akan disiapkan secara individual. Pilihan makanan pun akan sangat terbatas.

7. Hand sanitizer

Hand sanitizer yang berbentuk gel atau cair diizinkan untuk masuk dalam kabin. Sanitizer hanya boleh digunakan untuk tubuh tidak untuk disemprot di udara.

8. Tiket

Pandemi Corona membuat beberapa negara menutup diri. Untuk traveler yang sudah terlajur membeli tiket perjalanan dengan maskapai JAL atau ANA ke Jepang bisa menghubungi agen perjalanan untuk refund.



Simak Video "Rekor Kasus Harian Corona, Jepang Siaga Maksimum!"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA