Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 22 Mar 2020 16:45 WIB

TRAVEL NEWS

Pekan Pertama Setelah Ditutup, Pantai Pangandaran Lengang

Faizal Amiruddin
detikTravel
Kondisi Pantai Pangandaran pasca ditutup.
Suasana lengang di Pantai Pangandaran pasca ditutup sementara (Faizal Amiruddin/detikcom)
Pangandaran -

Akhir pekan pertama setelah Pemkab Pangandaran menutup objek wisata, suasana Pantai Pangandaran tampak lengang. Aktifitas wisata pun seakan lumpuh.

Petugas Satpol PP memasang barikade untuk menutup akses masuk utama Pantai Pangandaran, karena masih banyak pengunjung terutama anak-anak muda yang wara-wiri dan berkumpul di pinggir pantai.

"Pantai Pangandaran ditutup total. Untuk warga yang tinggal di sekitar pantai bisa mengakses pintu pantai timur. Kalau pintu utama ditutup total," kata seorang petugas pada detikcom, Minggu (22/3/2020).

Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Pangandaran, Tonton Guntari mengatakan, masa penutupan ini dimanfaatkan pihaknya untuk memaksimalkan pembersih pantai dan fasilitas lainnya.

"Petugas kebersihan tetap bertugas, walaupun jam kerjanya menyesuaikan," kata Tonton.

Pantai Pangandaran ditutup sejak pekan laluPantai Pangandaran ditutup sejak pekan lalu (Faizal Amiruddin/detikcom)

Dia juga mengimbau agar pengelola hotel memanfaatkan masa penutupan pariwisata ini untuk kegiatan bersih-bersih.

"Pemerintah Kabupaten Pangandaran sudah menekankan agar pengelola hotel tidak merumahkan karyawannya selama masa penutupan. Nah sebaiknya para karyawan ini diberdayakan untuk melakukan kegiatan bersih-bersih," kata Tonton.

Kegiatan itu menurutnya penting, selain pencegahan penyebaran COVID-19 juga agar ketika nanti keadaan sudah normal kembali, Pangandaran siap menyambut wisatawan.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengaku memaklumi nada-nada sumbang yang disuarakan oleh pelaku usaha wisata di Pangandaran atas penutupan tersebut. Namun, dia berharap pelaku usaha pariwisata bisa memaklumi situasi yang berkembang saat ini. Khususnya menyangkut penyebaran COVID-19.

Bisnis pariwisata di Pantai Pangandaran menjadi sandaran ekonomi ribuan masyarakat. Mulai dari pedagang kaki lima, hotel, pemandu, perahu, tempat hiburan dan lainnya.

"Mohon bersabar. Bukan kami tak memahami, tapi seluruh dunia menghadapi kondisi yang sama, bukan hanya Pangandaran," kata Jeje.

Jeje menjanjikan, setelah situasi normal kembali, Pemkab Pangandaran akan melakukan promosi besar-besaran untuk menarik wisatawan kembali ke Pangandaran.

"Kalau perlu tiket kita gratiskan," tutup Jeje.



Simak Video "Pantai Pangandaran Ciamis, Pantai Paling Populer di Jawa Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA