Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Mar 2020 16:25 WIB

TRAVEL NEWS

Lakukan Pembatasan Layanan Paspor, Imigrasi Jaksel Masih Ramai

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Kondisi Imigrasi Jakarta Selatan, pagi (24/3/2020).
Kondisi di Kanim Jakarta Selatan, Selasa pagi (24/3) (istimewa)
Jakarta -

Ditjen Imigrasi telah memberlakukan pembatasan layanan paspor untuk cegah penyebaran virus corona. Namun, faktanya masih ramai di lapangan.

Terhitung hari ini lewat laman Instagramnya, Ditjen Imigrasi telah memberlakukan pembatasan layanan paspor untuk semua kantor Imigrasi Indonesia. Kebijakan ini tentu sesuai dengan imbauan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Hanya saja, fakta berbeda ditemui detikcom di lapangan. Diketahui, hari Selasa pagi ini (24/3/2020), kantor imigrasi (Kanim) Kelas I Jakarta Selatan (Jaksel) di Jalan Warung Buncit masih ramai pengunjung.

Keramaian masih mengular di lokasiKeramaian masih mengular di lokasi (istimewa)

Walau telah menerapkan pembatasan layanan paspor, tapi Ditjen Imigrasi memang masih mempekerjakan karyawannya untuk tetap melayani pengunjung yang punya prioritas kebutuhan mendesak.

Keluh kesah pun diungkapkan oleh salah satu petugas imigrasi Kanim Jakarta Selatan yang dirahasiakan identitasnya. Walau sudah ada imbauan, nyatanya para pemohon tetap ramai berdatangan ke kantor.

"Pagi jam 08.30 masih agak rapi. Jam 10.00 chaos. Nggak ngaruh, masih tetap berjubel walau dibatasi," ujarnya.

Kondisi ini pun cukup miris. Karena besar kemungkinan kalau para pekerja bisa saja terpapar virus Corona ketika melayani para tamu WNI atau warga asing yang datang. Terlebih banyak titik di Jakarta Selatan yang masuk zona merah penyebaran virus Corona.

Lakukan Pembatasan Layanan Paspor, Imigrasi Jaksel Masih RamaiFoto: (istimewa)

Dihubungi terpisah, Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Kemenkumham Arvin Gumilang membenarkan perihal kanim yang masih beroperasi seperti biasa. Hanya saja, kini dibuat sistem shift untuk meminimalisir jumlah pekerja di kantor.

"Sekarang dengan shift, bergantian," ujarnya via pesan singkat.



Simak Video "Update Corona di Jakarta: 4.641 Positif, 711 Sembuh"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA