Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Mar 2020 23:39 WIB

TRAVEL NEWS

Tega Banget, Pohon Paling Terkenal Selandia Baru Dirusak

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
#ThatWanakaTree
#ThatWanakaTree (Foto: CNN)
Wellington -

Perilaku usil turis membuat warga Selandia Baru marah. Alasannya, sebuah pohon yang sangat terkenal di sana telah dirusak.

Dilansir CNN, hal itu dialami pohon willow di ujung selatan Danau Wanaka. Pohon populer di Instagram karena tampak setengah tenggelam di air digergaji di sekitar tanggal 17 Maret lalu.

"Cabang di bagian bawah yang menggantung horisontal di atas air yang benar-benar indah telah hilang," kata salah satu warga. Warga setempat juga telah melaporkan adanya beberapa cabang yang telah digergaji dan hanyut di tepi danau.

Terletak di South Island, Selandia Baru atau sekitar 300 kilometer dari Dunedin, pohon itu dikenal sebagai #ThatWanakaTree. Bahkan, Google Maps mencantumkan nama tempat itu dengan tagar di dalamnya.

Pada tahun 2014, fotografer Dennis Radermacher memenangkan penghargaan New Zealand Geographic Photographer of the Year untuk foto lanskap terbaik. Objek fotonya adalah pohon itu hingga tenar di media sosial.

Banyak yang menganggap bahwa pohon itu sebagai simbol harapan karena tampak muncul sendirian di atas air. Meski lokasinya terpencil, pohon ini menarik banyak turis hanya untuk mengambil foto dan menghidupkan ekonomi warga sekitar.

Danau Wanaka sendiri berada di kaki Taman Nasional Gunung Aspiring. Kawasan ini bagian dari Te Wahipounamu yang terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO.

Selandia Baru memang terkenal serius dalam melestarikan banyak tempat alami yang indah. Pemerintah meminta turis untuk menandatangani 'janji tiaki' atau janji untuk menjadi penjaga lingkungan yang baik setelah tiba di negara itu.

Tiaki berarti untuk menjaga. Kata itu ada dalam Bahasa Maori.

Pohon ini jadi salah satu objek yang terkena perusakan atau vandalisme. Beberapa waktu lalu, ketika ada isu overtourism, sejumlah destinasi mengalami hal serupa.



Simak Video "New Zealand Sudah 13 Hari Tanpa Kasus Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA