Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Mar 2020 20:15 WIB

TRAVEL NEWS

Badai PHK Bayangi Industri Penerbangan di Masa Corona

Anisa Indraini
detikTravel
Pesawat jadi salah satu transportasi andalan masyarakat untuk berpergian, apalagi tujuannya cukup jauh. Lalu, kalau pesawat sudah tak terpakai apa yang terjadi?
Foto: Dok. CNN
Jakarta -

Industri penerbangan dibayangi badai PHK setelah virus Corona mewabah. Jumlah penumpang anjlok, bahkan sejumlah rute sengaja ditutup.

Wabah Corona yang dimulai sejak Januari 2020 berimbas cukup besar kepada industri penerbangan. Dengan meluasnya penyebaran virus Corona, pembatasan rute makin ketat.

Sejumlah maskapai pun bahkan turut menyetop penerbangan. Di antaranya AirAsia dan Emirates pamit dari Indonesia untuk sementara. Penyedia sistem distribusi global (Global Distribution System) bernama Cirium mencatat sekitar 800 pesawat parkir di hanggar karena minimnya operasional.

Imbasnya, sejumlah maskapai penerbangan telah merumahkan pegawainya. Baik pilot, awak kabin, teknisi dan karyawan pendukung lainnya.

Pemerhati Penerbangan, Gerry Soejatman, menilai jika virus Corona berkepanjangan maka Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan di industri penerbangan menjadi nyata.

"Jelas (PHK di industri penerbangan menjadi nyata). Kalau wabah ini berkepanjangan, ya PHK tidak bisa dihindari," ujar Gerry kepada detikcom, Minggu (29/3/2020).

Dia bilang dampak virus corona ke industri penerbangan sangat luar biasa. Bahkan, dampaknya belum pernah terjadi sebelumnya bagi industri penerbangan di seluruh dunia.

"(Dampak) wabah ini memang luar biasa dan unprecedented (belum pernah terjadi sebelumnya) bagi industri ini di seluruh dunia," kata dia.

Industri penerbangan di Indonesia dinilai sudah merasakan dampaknya sejak virus corona baru muncul di Wuhan, China, yaitu awal tahun 2020.

"Dari awal tahun booking menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya akibat wabah ini," kata Gerry.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA