Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Mar 2020 08:32 WIB

TRAVEL NEWS

Koala Korban Kebakaran Australia Akhirnya Pulang ke Habitatnya

Putu Intan
detikTravel
Koala Lawson Rayakan Ulang Tahun ke-16
Ilustrasi koala (Foto: Australia Plus ABC)
Jakarta -

Cukup banyak koala menderita saat Australia dilanda kebakaran hebat. Lima ekor koala di antaranya dikembalikan ke habitatnya pekan ini.

Empat koala itu merupakan koala dewasa dan seekor lainnya masih bayi yang baru lahir. Koala-koala tersebut termasuk dalam 12 koala yang dirawat Kebun Binatang Taronga Sydney. Mereka dilepaskan ke Taman Nasional Kanagraboyd yang terletak di New South Wales.

Pelepasan koala ini merupakan langkah pertama yang dilakukan untuk merehabilitasi satwa dan lingkungannya yang pada akhir 2019 lalu rusak akibat kebakaran. Dilansir dari Insider, Se (27/3/2020) kebakaran Australia itu telah menghanguskan sekitar 2,5 juta hektar lahan.

Proses pelepasan ini melibatkan kelompok Science for Wildlife yang bermitra dengan San Diego Zoo Global. Mereka sebelumnya telah menyelamatkan koala dari kebakaran di Blue Mountains lalu merawat luka bakar yang diderita koala di Kebun Binatang Taronga. Jadwalnya sendiri dipercepat karena saat ini sedang ada pandemi Corona.

"Kami telah menilai area terbakar tempat kami dulu menyelamatkan para koala untuk mengetahui kapan kondisinya sudah cukup baik dan pohon-pohon dapat mendukung mereka lagi," kata Direktur Eksekutif Science for Wildlife, Dr. Kellie Leigh.

"Hujan baru-baru ini telah membantu dan sekarang ada banyak tumbuhan baru yang dapat mereka makan, jadi waktunya tepat,"imbuh Leigh.

Koala-koala yang diselamatkan ini juga akan terus dipantau. Mereka dibekali dengan alat pelacak radio yang dapat membantu para konservasionis untuk mengikuti mereka dan mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana koala memanfaatkan alam setelah kebakaran. Leigh juga berharap, nantinya pihaknya dapat menemukan habitat koala baru yang masih hidup.

Koala Korban Kebakaran Australia Akhirnya Pulang ke HabitatnyaFoto: Facebook Science for Wildlife Ltd

Akibat kebakaran Australia, sekitar 10 ribu koala diperkirakan telah mati. Koala merupakan spesies yang terancam punah sehingga banyak penyelamat yang ingin menjaga keamanan mereka.

Warga Australia pun ikut membantu penyelamatan koala. Contohnya seorang remaja putri yang mengumpulkan para koala terluka lalu membawanya ke dokter hewan agar merawat luka bakar mereka. Kemudian seekor anjing bernama Bear juga bergabung dalam misi penyelamatan koala dimana ia bertugas mengendus keberadaan koala di tanah yang telah hangus.



Simak Video "Haru! Video Petugas Pemadam Beri Minum ke Koala yang Kehausan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA