Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Mar 2020 05:47 WIB

TRAVEL NEWS

Sultan Mah Bebas, Selandia Baru Lockdown Tapi Bisa Naik Jet Pribadi

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Pesawat Gulfstream G650ER
Foto: Ilustrasi pesawat jet Gulfstream (dok. Gulfstream)
Christchurch -

Pesawat jet pribadi seharga USD 100 juta (Rp 1,6 triliun) milik Miliuner Arab Saudi mendarat di Selandia Baru. Padahal, negara itu sedang di-lockdown gegara virus Corona.

Sebuah jet pribadi triliunan rupiah itu dilaporkan mendarat di Bandara Christchurch, Selandia Baru pada Kamis (26/3/2020). Situasi itu cukup mengejutkan. Sebab, Perdana Menteri Jacinda Ardern menetapkan lockdown di negaranya sejak 19 Maret.

Dikumpulkan detikTravel dari beragam sumber, Selasa (31/3/2020), pesawat jet berjenis Gulfstream tersebut diketahui milik perusahaan Rashid Engineering yang berbasis di Arab Saudi. Perusahaan tersebut dimiliki oleh miliuner Arab bernama Nasser Al Rashid.

Nasser Al Rashid diketahui memiliki hubungan dekat dengan keluarga Kerajaan Arab Saudi. Tidak diketahui apakah Nasser berada di pesawat tersebut atau tidak.


Yvonne Densem, manajer Komunikasi Bandara Christchurch, membenarkan adanya pesawat jet pribadi tersebut mendarat di bandaranya. Menurut Yvonne pesawat tersebut sudah dicek oleh Kementerian Kesehatan Selandia Baru dan semua protokol sudah dipenuhi.

Pihak Bea Cukai Selandia Baru menyebut penerbangan jet tersebut sudah mendapat persetujuan sejak awal bulan Maret, dengan jumlah kru 5 orang. Pesawat kemudian terbang lagi dari Selandia Baru pada Jumat (27/3) dengan jumlah penumpang sebanyak empat orang.

"Operator pesawat pribadi sudah diberi tahu tentang aturan terbaru. Penumpang atau kru dari penerbangan pribadi sudah diproses sama dengan penumpang penerbangan komersil," kata juru bicara Bea Cukai.


Tentu saja pendaratan pesawat jet pribadi ini melahirkan kontroversi, mengingat sudah tidak ada warga negara Selandia Baru, atau penduduk tetap beserta keluarganya, apalagi turis, yang diizinkan masuk atau keluar negara itu selama sepekan terakhir.

Tidak diketahui pasti identitas empat orang penumpang pesawat jet pribadi tersebut. Pesawat Jet Gulfstream G650 itu diketahui take off dari kota Georgia di Amerika Serikat, kemudian transit di Hawaii, sebelum mendarat di Bandara Christchruch, Selandia Baru.



Simak Video "Selandia Baru Berhasil Tekan Penyebaran Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA