Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Apr 2020 08:37 WIB

TRAVEL NEWS

Hotel untuk Tampung Tenaga Medis Betul-betul Siap Belum, Sih?

Putu Intan
detikTravel
Wishnutama di Istana
Menparekraf Wishnutama. Foto: (Abdul Haris/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio meninjau kesiapan hotel yang ditunjuk sebagai akomodasi tenaga medis yang menangani Corona (COVID-19) akhir pekan lalu.

Wishnutama menjajal kelengkapan hotel untuk tenaga medis khusus Corona, yakni disinfection chamber, pengukuran suhu tubuh, serta hand sanitizer di area masuk lobi Hotel Novotel, Cikini, Jakarta Pusat pada Sabtu (28/3/2020). Dia tak sendirian, tapi didampingi oleh Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, Deputi Bidang Pemasaran Nia Niscaya, dan Juru Bicara untuk Satgas COVID-19 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Ari Juliano Gema.

Hanya tenaga medis dan anggota gugus tugas yang sudah didaftarkan oleh rumah sakit rujukan yang bisa menginap di hotel tersebut. Tenaga medis tersebut hanya perlu menunjukkan foto identitas diri melalui layar telepon genggam untuk disesuaikan dengan data yang ada.

Andai proses itu lancar, selanjutnya mereka bakal mendapatkan nomor kamar. Selanjutnya, tenaga medis itu akan menerima sarung tangan sintetis dan hand sanitizer yanga da di meja resepsionis.

Kemudian, tenaga medis itu bisa mengambil kunci kamar sesuai dengan nomor kamar dan lantai di area yang sudah ditentukan.

Selain menjajal prosedur check in, Wishnutama dan rombongan juga memastikan hotel itu menjalankan konsep physical distancing (jaga jarak fisik) dengan ketat termasuk meminimalkan kontak fisik.

Petunjuk untuk #jagajarakdulu terlihat di depan lift dan di dalam lift.

"Saya sudah keliling dan melihat langsung persiapannya. Alasan yang terpenting untuk kami bekerja sama dalam program ini adalah jaringan hotel harus memiliki standarisasi yang sudah ditetapkan agar bisa memberikan rasa nyaman dan aman bagi tenaga medis yang tinggal di sini nanti dan juga bagi pekerja hotelnya," kata Wishnutama.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA