Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Apr 2020 18:50 WIB

TRAVEL NEWS

16 Negara yang Masih Bebas Corona

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi Pyongyang.
Pyongyang, Korea Utara (Ed Jones/AFP/Getty Images)
Jakarta -

Di hadapan virus corona, tak ada negara yang kebal. Namun, kabarnya di belasan negara ini belum ada laporan kasus virus Corona.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, tak ada tempat aman untuk bersembunyi dari virus Corona atau Covid-19. Hanya saja, belasan negara disebut belum melaporkan adanya kasus corona.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Rabu (2/4/2020), hingga saat ini ada sekitar 16 negara yang tersebar di Asia, Afrika dan Pasifik yang belum memiliki laporan virus corona.

Asia

Di benua Asia, kasus corona diketahui belum ada di Turkmenistan, Tajikistan, Yaman dan Korea Utara atau Korut. Padahal seperti di Korea Utara, negara tetangga Korea Selatan sempat menjadi sumber epidemi beberapa waktu lalu.

Afrika

Di Afrika, belum ada laporan dari negara Komoro, Kiribati, Lesotho, Malawi, Sao Tome-Principe, serta Sudan Selatan. Semoga saja kondisi tersebut tetap demikian.

Pasifik

Sedangkan daftar negara di Pasifik yang disebut belum ada laporan corona adalah Tonga, Samoa, Kepulauan Solomon, Palau, Tuvalu, Vanuatu. Mungkin saja hal itu disebabkan oleh kondisi negara kepulauan yang jauh dari pusat epidemi.

Pada Selasa lalu, Direktur Regional Pasifik Barat di WHO, Takeshi Kasai, mengatakan kalau masyarakat di kawasan Asia dan Pasifik belum boleh merasa lega. Setiap negara pun diminta untuk bersiap menghadapi virus corona.

"Epidemi ini masih jauh dari selesai di Asia dan Pasifik. Ini akan jadi pertempuran jangka panjang," ujar Takeshi.

Ditambahkan oleh Takeshi, bahwa negara-negara di Pasifik membutuhkan perhatian lebih. Keterbatasan tenaga dan ilmu medis akan membuat diagnosis dilakukan di negara lain.



Simak Video "Situasi di Korea Utara di Tengah Isu Kesehatan Kim Jong-un"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA