Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Apr 2020 17:18 WIB

TRAVEL NEWS

Adu Terjal, Jalan di Selandia Baru Ini Jadi Pemenangnya Lagi

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Jalan Baldwin, Dunedin, New Zealand
Jalan Baldwin, Dunedin, New Zealand (Foto: iStock)
Dunedin -

Rekor jalan paling terjal dicabut dari sebuah ruas jalan di New Zealand. Tak terima, banding dilakukan, dan sekali lagi dinobatkan sebagai jalan paling terjal sedunia oleh Guinness World Records.

Dikutip dari CNN, Jumat (17/4/2020) satu ruas jalan di New Zealand mendapat gelarnya lagi setelah organisasi itu mengubah cara mengukur tingkat kemiringannya. Adalah Jalan Baldwin yang berada di Kota Dunedin.

Jalan Baldwin memegang rekor jalan paling terjal selama lebih dari satu dekade hingga Juni 2019 lalu. Namun, setelahnya rekor itu disabet oleh Jalan Ffordd Pen Llech, ruas jalan berliku di Harlech, Wales.

Perwakilan dari Jalan Baldwin mengajukan banding atas keputusan tersebut. Mereka mengatakan bahwa pengukuran jalan itu tidak akurat.

Jalan Baldwin, Dunedin, New Zealand (Foto: iStock)
Kota Harlech di WalesKota Harlech di Wales (Foto: iStock)

Setelah meninjau banding, Guiness World Records menyetujuinya. Pihaknya akan menilai dengan adil, bentuk jalan yang berbeda, apakah itu lurus atau melengkung.

Kecuraman harus diukur dengan poros tengah yang merupakan pusat jalan. Hasil pengukuran terbaru menunjukkan bahwa Jalan Baldwin memiliki gradien kecuraman sebesar 34,8%, sedang Jalan Ffordd Pen Llech hanya 28,6%.

Kategori jalan paling curam memang diperebutkan di berbagai tempat. World Atlas memberikan penghargaan kepada Canton Avenue di Pittsburgh, Pennsylvania, tetapi titel dari Guinness World Records adalah yang paling berharga.

----

Traveler Punya pengalaman Traveling di berbagai tempat menarik? Kirim Artikelmu di Link Ini



Simak Video " New Zealand Sembuh dari Corona, Tak Ada Kasus dan Pasien Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA