Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Apr 2020 17:45 WIB

TRAVEL NEWS

Afrika Selatan Lockdown, Singa-singa Tidur Pulas di Jalanan

Putu Intan
detikTravel
Afrika Selatan Lockdown, Singa-singa Tidur Pulas di Jalanan
Foto: Richard Sowry/Kruger National Park
Jakarta -

Ada yang unik dari lockdown di Afrika Selatan. Mumpung manusia sedang di rumah saja, singa-singa bisa bebas rebahan di jalanan.

Dilansir dari BBC, Sabtu (18/4/2020), momen singa-singa afrika tidur siang di jalan ini berhasil diabadikan petugas Taman Nasional Kruger, Richard Sowry pada Rabu (15/4/2020). Kala itu dirinya yang tetap bekerja di tengah pandemi hendak memeriksa kondisi satwa di taman nasional lalu mendapati singa-singa yang justru santai tidur melintang di jalanan taman nasional.

Singa-singa ini tampaknya memanfaatkan momen kebebasan mereka sebab mulai 25 Maret lalu, Taman Nasional Kruger telah ditutup dari kunjungan manusia guna mencegah penularan Corona. Sebelum taman nasional ditutup, biasanya Sowry hanya akan melihat singa jalan-jalan atau tidur di jalanan saat malam hari.

Sowry yang tak ingin melewatkan momen langka ini segera memotretnya. Saat itu jaraknya hanya sekitar 5 meter dari kawanan singa yang tidur. Namun pemotretan dengan kamera ponsel itu sama sekali tak mengusik lelapnya tidur siang mereka.

"Singa sudah terbiasa dengan orang dalam kendaraan,"kata Sowry.

"Semua hewan memiliki lebih banyak rasa takut naluriah dari orang-orang yang berjalan kaki, jadi jika saya berjalan, mereka tidak akan pernah membiarkan saya mendekati mereka," imbuhnya.

Afrika Selatan Lockdown, Singa-singa Tidur Pulas di Jalanan Foto: Richard Sowry/Kruger National Park

Namun Sowry khawatir bila singa-singa ini terlena dengan kondisi saat ini dan menganggap jalanan adalah tempat yang aman untuk mereka berdiam diri seperti tidur.

Sementara itu petugas media Taman Nasional Kruger, Isaac Phala menjelaskan perilaku singa yang unik tersebut.

"Biasanya mereka akan berada di semak-semak karena lalu lintas manusia tetapi mereka sangat cerdas dan sekarang mereka menikmati kebebasan taman tanpa kita (manusia),"ujarnya.



Ia juga menjelaskan, singa-singa itu memilih aspal sebagai alas tidur karena semalam sebelumnya turun hujan deras yang membasahi padang rumput tempat singa beraktivitas. Oleh sebab itu, singa-singa mencari tempat yang lebih kering yaitu di jalan beraspal.

Di sisi lain, sampai saat ini, Sowry menjelaskan secara umum belum ada perubahan signifikan terhadap perilaku hewan di Taman Nasional Kruger saat masa lockdown ini berlangsung.

"Kruger adalah tempat yang sangat liar. Sudah liar dan masih liar,"katanya.

Ia membagikan foto-foto ini dengan harapan dapat memberikan kegembiraan pada orang-orang yang belum bisa mengunjungi taman nasional.

"Ini adalah masa-masa sulit bagi semua orang dan niatnya adalah untuk membawa sukacita bagi orang-orang," katanya.

Masa lockdown di Afrika Selatan telah diperpanjang selama dua minggu ke depan mulai Rabu (15/4). Di negara itu telah ditemukan 2.506 kasus positif Corona dimana 34 orang meninggal. Afrika Selatan pun menjadi negara dengan pasien Corona terbanyak di Benua Afrika.



Simak Video "Afrika Selatan Berencana Jual Stok Vaksin Astrazeneca"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA