Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Apr 2020 12:22 WIB

TRAVEL NEWS

Lebih Indah Saat Corona, Venesia Akan Batasi Turis di Masa Depan?

Bonauli
detikTravel
Venesia
Ilustrasi Venesia (iStock)
Venesia -

Keindahan kanal, gondola dan suasana romantis Italia menjadi paket komplit di Venesia yang membuat kota itu selalu kebanjiran turis. Imbas virus Corona, Venesia bakal lebih selektif menyaring wisatawan.

Venesia di Italia itu mampu menyedot 30 juta turis di tahun 2018. Jumlah wisatawan itu bahkan sampai membuat warga lokal tak nyaman.

Sungai di Venesia yang menjadi salah satu 'jualan' wisata utama dengan pelancong diajak untuk menyusuri menggunakan perahu bahkan berair keruh. Polusi udara juga menjadi persoalan lain di kota itu.

Hingga kemudian virus Corona datang. Venesia pun menutup diri untuk menekan penyebaran COVID-19.

Ternyata pandemi Corona tak melulu membawa kisah luka, namun Venesia diuntungkan. Jalanan yang biasanya padat, sekarang kosong. Kanal yang penuh turis naik gondola sekarang dihuni ikan-ikan cantik dan angsa.

"Beberapa bulan lalu kami bahkan tak bisa berpapasan di jalan, tapi sekarang jalanan kosong," ujar Matteo Secchi dari Venesia Association.

Italia yang menjadi epicentrum virus Corona di Italia memang harus menelan pil pahit, salah satunya di sektor wisata. Tapi, justru di saat inilah pegiat wisata mendapatkan pelajaran berharga.

Keindahan Venesia yang terlihat kembali membuat Wakil Wali Kota Venesia, Simone Venturini, mempertimbangkan model wisata yang lebih baik di masa depan. Bahkan, termasuk membatasi jumlah turis yang masuk ke kota itu.

"Pada awalnya kami berharap satu dua bulan, lalu 3-4 bulan. Kami melihat pergerakan akan pulih di bulan Februari-Maret 2021," ujar Marianna Serandrei, Pemilik Grup Hotel Capisini.
turis.

"Ini akan menjadi kesempatan Venesia untuk berubah ke pariwisata yang lebih cerdas. Turis akan diajak untuk memahami Venesia, tak ada lagi tur yang ramai di satu waktu," Simone menimpali.

Langkah ini diakui sulit, mengingat kota ini begitu bergantung pada pariwisata. Tapi, andai air kanal jernih dan ikan yang tadinya tak muncul bisa berenang bebas, bukankah Venesia bakal lebih indah?



Simak Video "Potret Sungai Terpanjang di Italia yang Mengering karena Perubahan Iklim"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA