Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Apr 2020 16:32 WIB

TRAVEL NEWS

Begini Cara Qantas Menyimpan Pesawatnya

Qantas
Qantas (Foto: CNN)
Sydney -

Begitu banyak pesawat yang di-grounded saat ini, tak terkecuali milik maskapai terbesar dari Australia, Qantas. Begini cara mereka merawat pesawat yang sedang dikandangkan dan hendak hibernasi.

Diberitakan CNN, Kamis (23/4/2020) pandemi Corona bikin ribuan pesawat komersial dunia harus beristirahat. Nayatanya, armada ini memang butuh istirahat dan pandemi ini jadi waktu selaras.

Qantas mengunggah sebuah video yang menjelaskan bagaimana pesawatnya dirawat saat pengandangan. Ada beberapa langkah-langkah perawatan di kala Australia menerapkan kebijakan lockdown.

Video singkat tak lebih dari dua menit ini dipandu John Walker, Head of Line dan Intermediate Maintenance Operations Qantas yang berbasis di Melbourne, Australia. Ia membagikan langkah-langkah perawatannya.

"Ketika Anda memarkir pesawat terbang, itu tidak seperti memarkir mobil. Kamu tidak hanya mematikan dan mengunci pintunya," kata Walker.

[Gambas:Youtube]

Pertama, pesawat diderek secara berkala di sekitar apron sehingga dan memastikan rodanya tetap dapat berputar dengan baik. Karyawan akan membersihkan bagian dalam dan luar pesawat, termasuk mencuci badan pesawat.

Kedua, tergantung pada model pesawat, mesinnya harus dihidupkan setiap 15 atau 30 hari sekali. Keempat, jendela kokpit harus ditutup kertas timah agar bagian depan pesawat tidak terlalu panas.

Pesawat yang dikandangkan bisa menjadi tantangan, bahkan di saat terbaik sekalipun. Pesawat hanya mendapatkan uang ketika mereka berada di langit, dan dapat menghabiskan biaya ratusan dolar per jam untuk membayar satu tempat penyimpanan.

Pada umumnya, biaya penyimpanan pesawat ditentukan oleh berat pesawat. Karena itu, pesawat dengan berkapasitas besar lebih mahal untuk disimpan.

Pesawat lebih baik dikandangkan di daerah hangat. Udara kering memiliki kemungkinan kecil timbulnya korosi pada bagian logam pesawat.

Qantas bukan satu-satunya maskapai di dunia yang merawat pesawat-pesawat dikandangkan saat ini. Maskapai dari Hong Kong, Cathay Pacific hingga Lufthansa dari Jerman juga telah mengandangkan sekitar 90% armada mereka.

Hingga kini belum diketahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk dunia penerbangan bersinar lagi. Dari Australia, Qantas memandikan dalam dan luar pesawatnya sebelum tidur.



Simak Video "Pesawat Twin Otter Berisi 22 Orang Hilang Kontak di Nepal"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA