Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Apr 2020 05:05 WIB

TRAVEL NEWS

Keluarga Gajah Cari Makan Sampai ke Jalanan Malaysia

Putu Intan
detikTravel
Aksi gajah curi buah di jalanan
Ilustrasi gajah saat berada di jalanan (Foto: Istimewa)
Kuala Lumpur -

Fenomena hewan turun ke jalan karena kelaparan saat pandemi virus Corona juga terjadi di Malaysia. Empat ekor gajah yang diduga merupakan satu keluarga tampak berjalan-jalan di sekitar pom bensin di Kenyir, Terengganu, Malaysia.

Momen itu diabadikan dalam video berdurasi 21 detik yang diunggah akun Bencana Terengganu di Facebook pada Minggu (26/4/2020). Departemen Taman Margasatwa dan Taman Nasional (Perhilitan) Terengganu pun mengkonfirmasi bahwa mereka telah menerima laporan adanya gajah-gajah yang mencari makanan sampai ke jalan raya.

Menanggapi laporan masyarakat itu, Kepala Perhilitan Terengganu, Abdul Malek Mohd Yusof, meminta publik untuk tidak panik. Masyarakat diharapkan dapat segera melaporkan pada mereka bila melihat satwa liar yang berkeliaran di jalanan.

"Kami akan mengirim petugas untuk mengidentifikasi dan membantu jika ada ancaman terhadap penduduk daerah tersebut," kata Yusof sebagaimana diwartakan Malay Mail.

Yusof juga menjelaskan bahwa ada kemungkinan lokasi yang dilewati para satwa itu sebenarnya merupakan rute yang wajar mereka lalui. Anggapan itu dibenarkan setelah melakukan investigasi lebih lanjut, ternyata pom bensin yang dilewati para gajah ternyata dulunya adalah rute untuk gajah liar yang untuk beberapa saat tak lagi digunakan.

Saat ini, Malaysia sedang memberlakukan Movement Control Order (MCO) yang membatasi pergerakan dan aktivitas warganya di luar rumah untuk mencegah penyebaran Corona. Hal ini menyebabkan gajah dan satwa lainnya lebih nyaman untuk bergerak termasuk sampai ke kota.

Sebelumnya, seekor tapir ditemukan berkeliaran di daerah Jementah. Tapir ini berhasil dievakuasi oleh Perhilitan Johor dan dikembalikan ke Taman Nasional Endau Rompin. Selain itu juga ada babi hutan yang berkeliaran di Lorong Galing, Kuantan.

Di negara lain, satwa-satwa juga tak takut lagi memasuki kawasan yang biasanya didominasi manusia. Salah satunya yang terjadi di Singapura dimana sekelompok berang-berang dengan santainya menyeberang jalan dan bersantai di pom bensin.



Simak Video "Rahasia Resep Tengkleng Gajah dari Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA