Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Apr 2020 17:35 WIB

TRAVEL NEWS

Mesir Temukan Mumi Beserta Barang Peninggalan di Lubang Penguburan

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Peti Mumi ditemukan di Mesir
Foto: (Egypt Ministry of Tourism and Aniquities/Facebook)
Kairo -

Mungkin saat ini masyarakat hanya bisa menjelajahi piramida Mesir lewat wisata virtual. Namun pencarian barang-barang bersejarah masih dilakukan oleh arkeologi.

Dikutip dari CNN Travel, Kamis (30/4/2020) baru-baru ini Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir mengumumkan penemuan lima batu sarkofagus atau batu yang biasa digunakan untuk menyimpan jenazah serta empat peti kayu berisi mumi manusia saat penggalian. Temuan arkeologis ini berada di dalam lubang penguburan yang membentang sembilan meter di bawah tanah


Lubang berisi peti mumi ini berlokasi di kawasan bernama Necropolis Hewan Suci di Saqqara, yaitu sebuah tanah pemakaman kuno yang terletak sekitar 20 mil selatan Kairo. Kawasan ini juga menjadi rumah bagi Step Pyramid yang dianggap tertua di dunia.

Selain batu sarkofagus dan peti mati berisi mumi, ditemukan pula berbagai artefak-artefak kecil yang luar biasa. Termasuk 365 arca faience ushabti yang sebagian dijelaskan dengan tulisan Mesir kuno. Ushabti biasanya berupa patung kecil yang dimakamkan di kuburan Mesir dan dipercaya akan membantu tubuh di akhirat.

Peti Mumi ditemukan di MesirArtefak-artefak ditemukan saat penggalian di Saqqara, Mesir (Egypt Ministry of Tourism and Aniquities/Facebook)



Ada juga obelisk kayu setinggi 40 cm yang dihiasi dengan lukisan bergambar dewi Mesir Isis yang terkait dengan kelahiran kembali, Nephthys yang terkait dengan kematian dan dewa Horus sebagai salah satu dewa Mesir kuno yang paling terkenal.

Peti Mumi ditemukan di MesirObelisk kayu ditemukan bersama peti mumi di Saqqara, Mesir (Egypt Ministry of Tourism and Aniquities/Facebook)



Artefak-artefak kecil dikeluarkan dari tanah untuk tujuan restorasi. Sedangkan Sarkofagus dan peti mati kayu masih dalam proses pemugaran.

Pekerjaan para arkeologi dimulai sejak April 2018 dan masih terus berlangsung hingga kini. Dalam video yang dibagikan di facebook, Menteri Pariwisata dan Purbakala Mesir, Khaled Al-Anani mengatakan bahwa para pekerja menjaga jarak yang diperlukan untuk melindungi mereka dari virus Corona.

Peti Mumi ditemukan di MesirLebih dulu, peti Mumi ditemukan di Luxor pada 24 April 2020 (Egypt Ministry of Tourism and Aniquities/Facebook)



Sudah ada beberapa penemuan arkeologis lainnya akhir-akhir ini di Mesir. Pada 24 April lalu, Kementerian Pariwisata dan Purbakala mengumumkan penemuan mumi yang berasal dari dinasti ke 17 Mesir, yaitu sekitar tahun 1550

Peti berisi mumi wanita ini ditemukan dalam sebuah misi arkeologi Mesir-Spanyol. Bukan di Saqqara, melainkan ditemukan di kawasan penguburan Draa Abul Naga di Luxor, bagian selatan Mesir.

Peti Mumi ditemukan di MesirPerhiasan ditemukan di sekitar mumi (Egypt Ministry of Tourism and Aniquities/Facebook)



Mumi wanita diyakini meninggal saat masih berumur 15 atau 16 tahun. Menurut Kepala Administrasi Pusat Mesir, mumi dimakamkan dengan perhiasan termasuk empat kalung yang terbuat dari berbagai bahan, di antaranya kuarsa dan permata.

Di dekat perhiasan, arkeolog juga menemukan sandal kulit berwarna merah dan sepasang bola yang diikat benang. Ada juga mumi sepasang kucing dan peti kecil dengan arca ushabti di dalamnya.



Simak Video "Perayaan Idul Fitri di Mesir Tahun Ini Terasa Berbeda"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA