Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Mei 2020 04:51 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Sihir, Lumba-lumba Ini Bercahaya di Tengah Malam

Syanti Mustika
detikTravel
Semua tempat wisata di Bali tutup selama wabah corona. Termasuk pusat konservasi lumba-lumba. Yuk lihat para pelatih melatih mamalia laut tersebut.
Ilustrasi lumba-lumba ( AP PhotoP/Firdia Lisnawati)
Jakarta -

Alam memiliki keajaiban yang bikin geleng-geleng kepala. Salah satunya, ditunjukkan oleh lumba-lumba yang berpendar biru amat terang di malam hari.

Fenomena alam inilah yang sempat tertangkap oleh fotografer California, Patrick Coyne. Dia berhasil mengabadikan lumba-lumba yang bercahaya berenang di antara ombak laut saat malam hari.

Bukan sihir, ini adalah fenomena alam yang disebut dengan bioluminescence, yakni peristiwa produksi dan emisi cahaya oleh organisme hidup.

Bioluminesensi terjadi secara umum pada vertebrata laut dan invertebrata, juga pada beberapa jamur, mikroorganisme termasuk beberapa bakteri bioluminesen dan artropoda terestrial seperti kunang-kunang.

[Gambas:Instagram]



Baru-baru ini beberapa pantai di sepanjang negara bagian California mengalami fenomena ini. Organisme mikro laut pun mengeluarkan cahaya yang konon ini untuk menghindari predator. Fenomena alam inipun menjadi daya tarik tersendiri bagi warga lokal.

Patrick membagikan momen spesial itu lewat Instagram. Keindahan itu baru pertama kali dilihatnya.

Dalam keterangan foto yang diunggahnya itu, Patrick menyebut momen itu terjadi di Newport Beach.

[Gambas:Instagram]




Sinematografer Skylar Wilson juga berhasil merekam video lumba-lumba bercahaya ini. Dia juga terpukau dengan apa yang dilihatnya.

".... Saya telah tinggal di pantai sepanjang hidup saya dan belum pernah melihat pemandangan seperti ini. Saya tidak dapat memprediksi kapan gelombang Bioluminesensi ini akan terjadi. Saya juga membahas ini bersama rekan-rekan yang telah tinggal di California Selatan sepanjang hidup mereka dan memang gelombang ini jarang terjadi. Saya sangat beruntung bisa menyaksikannya, apalagi mengabadikannya di kamera," ujar Skylar kepada media Lonely Planet.

Bagaimana menurut traveler, alam memang penuh kejutan bukan?





Simak Video "Aksi Sekelompok Paus Bermigrasi Bersama Kawanan Lumba-lumba"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA