Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Mei 2020 11:35 WIB

TRAVEL NEWS

Youtuber Ungkap WNI Dibuang ke Laut, Kemlu Akan Pulangkan 14 ABK Lain

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
3 Jenazah ABK WNI yang Dilarung ke Laut Disebut Idap Penyakit Menular
Foto: 3 jenazah ABK dilarung ke laut (dok. Tangkapan layar)
Jakarta -

Sedang viral Youtuber asal Korsel Jang Hansol yang mengungkap 3 WNI di kapal China dibuang ke laut. Pihak Kemenlu pun bergerak dan akan memulangkan 14 lainnya.

Kabar dilarungnya 3 jenazah anak buah kapal (ABK) WNI dari kapal China jadi berita trending di Korea Selatan. Berita ini sampai ke Indonesia berkat Youtuber Jang Hansol yang membuat video Youtube dengan judul 'Berita Trending di Korea yang bakal Bikin Orang Indonesia Ngamuk!'

3 Jenazah WNI tersebut dilarung ke laut karena kematiannya disebabkan oleh penyakit menular. Pihak Kementerian Luar Negeri China menyebut pelarungan jenazah sudah sesuai prosedur dan praktik kelautan internasional.

""Kapten kapal menjelaskan bahwa keputusan melarung jenazah karena kematian disebabkan penyakit menular. Pelarungan terpaksa dilakukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan awak kapal lainnya. Pelarungan sudah berdasarkan persetujuan awak kapal lainnya," ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha, dalam keterangannya, Kamis (7/5/2020).


Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia pun bergerak dan melakukan pendataan WNI yang bekerja di kapal China. Hasilnya ada 48 ABK dari kapal Long Xin 605, Long Xin 629, dan Tian Yu 8. Diketahui, kapal-kapal tersebut sempat bersandar di Busan, Korea Selatan.

Dari jumlah itu, 11 ABK telah dipulangkan lebih dulu pada 24 April. Sementara itu 20 ABK lainya masih melanjutkan bekerja di kapal-kapal tersebut.

"14 awak kapal lainnya akan dipulangkan pada 8 Mei 2020," imbuh Judha.


Dalam video yang ramai beredar, tampak sejumlah orang mengelilingi sebuah karung jenazah berwarna orange. Karung jenazah itu berada di tepi kapal. Kemudian, keempat orang itu bersama-sama mengangkat karung jenazah dan secara serentak melempar jenazah ke laut.

Kematian 3 ABK dari Indonesia itu diketahui terjadi pada bulan Desember 2019 dan Maret 2020. Belum diketahui jenis penyakit menular yang diderita ketiga ABK tersebut.



Simak Video "Lawan Corona di Indonesia, YouTuber Korea Jang Hansol Donasi Rp 50 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA