Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Mei 2020 04:09 WIB

TRAVEL NEWS

Pertama dalam Sejarah, Masjid Tertua Vancouver Siarkan Adzan Magrib

Putu Intan
detikTravel
Al Masjid Al Jamia Vancouver
Foto: Facebook Al Masjid Al Jamia
Vancouver -

Kabar gembira untuk umat Islam di Vancouver, Kanada, kini bisa mendengarkan adzan magrib dari Al Masjid Al Jamia. Masjid ini merupakan masjid tertua yang terletak di kota termahal Kanada tersebut.

Adzan dari masjid yang didirikan pada 1963 itu akan dikumandangkan sampai 23 Mei 2020. Tujuannya adalah untuk memberikan sinyal untuk iftar atau berbuka bagi umat Islam yang saat ini sedang berpuasa. Selain itu dengan dikumandangkannya adzan melalui pengeras suara, komunitas Muslim di sana tetap merasa dekat kendati saat ini sedang ada pandemi COVID-19.

"Kami menyampaikan adzan untuk memberikan harapan bagi komunitas kami dan seluruh komunitas bahwa suatu hari nanti, kami semua akan bisa berkumpul kembali di tempat kami (masjid)," kata pengurus masjid, Haroon Khan sebagaimana diwartakan CBC.

"Tidak peduli apa ras Anda, tidak masalah apapun agama Anda atau dimana Anda memihak, di depan umum atau secara pribadi. Kita semua adalah saudara dan saudari, kita bersama dan kita semua bertarung melawan COVID-19 bersama," imbuhnya.

Selama pandemi terjadi, ibadah harian dan pertemuan telah dilarang dilakukan di masjid. Saat Ramadan biasanya masjid ini menjadi tempat komunitas Muslim berkumpul dan berdoa bersama. Namun hal itu tak terjadi tahun ini.

"Kami sangat merindukan hal itu," kata Khan.

Dalam mengumandangkan adzan ini, Khan mengatakan bahwa masjid telah bekerja sama dengan pejabat kota bahwa mereka telah mematuhi peraturan dan undang-undang mengenai kebisingan.

Walikota Vancouver, Kennedy Stewart mengatakan ia senang bahwa kesepakatan dicapai dengan cepat dan tepat waktu saat Ramadhan.

"Menyiarkan panggilan itu (adzan), memberikan teman dan tetangga kita, komunitas Muslim dan semua komunitas, keyakinan bahwa saatnya akan tiba, saat kita bisa berkumpul kembali di satu tempat," ungkapnya dalam sebuah pernyataan tertulis.

"Saya punya kesempatan mengunjungi Al Jamia Masjid Vancouver segera setelah saya menjabat sebagai walikota setelah kasus penembakan masjid Christchurch Selandia Baru pada 2019," ujarnya.

Pertemuan semua agama di bawah atap masjid ini memberikan kedamaian, harapan, dan inspirasi bagi semua yang hadir dan menjadi lambang bahwa Vancouver adalah tempat yang spesial untuk ditinggali," pungkasnya.

Tak hanya di Vancouver, masjid-masjid di Kota Alberta, Ontario dan lainnya di seluruh dunia juga telah menyiarkan adzan saat matahari terbenam selama pandemi.



Simak Video "Arsitektur Masjid Sancaklar yang Antimainstream"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA