Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Mei 2020 23:15 WIB

TRAVEL NEWS

Perjuangan Jakarta Aquarium di Tengah PSBB

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Jakarta Aquarium.
Foto: (dok Jakarta Aquarium)
Jakarta -

Sebagai salah satu tempat konservasi satwa indoor, Jakarta Aquarium juga ikut tutup selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, kesehatan satwa tetap diutamakan.

Dengan luas area lebih dari 7.000 m2, Jakarta Aquarium (JAI) memiliki lebih dari 3.500 koleksi satwa akuatik (lebih dari 300 spesies) dan non-akuatik (lebih dari 30 spesies) yang sebagian besar koleksinya merupakan binatang asli Indonesia yang berharga.

Berdasarkan siaran pers yang diterima detikcom, Kamis (14/5/2020), ribuan satwa akuatik dan non akuatik itu dirawat oleh staf JAI yang berjumlah 150 orang dengan keahlian di bidangnya masing-masing.

"JAI bukan hanya sekedar tempat penempatan satwa, tetapi juga menawarkan suguhan spektakuler yang dikemas secara menarik bagi masyarakat, terutama keluarga," ujar General Manager JAI, Aldo Situmorang.

Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang, Aldo pun merasakan tantangan yang cukup luar biasa. Terlebih, pihaknya tidak mendapat pemasukan sepeser pun akibat penutupan sementara.

"Memang cukup menantang bagi kami di tengah situasi sulit seperti ini. Khususnya karena kami sama sekali tidak menerima pendapatan, tetapi kegiatan perawatan harus berjalan normal seperti biasa. Setiap hari kami tetap harus memberikan pakan untuk ribuan koleksi kami dan menyediakan nutrisi dan obat-obatan secara teratur," ujar Aldo.

Jakarta Aquarium.Jakarta Aquarium pasca PSBB (dok Jakarta Aquarium)

Lebih lanjut, pihaknya pun mengajak segenap traveler untuk membantu pihak Jakarta Aquarium dalam misinya melakukan pelestarian satwa.

"Kami berharap masyarakat juga ikut peduli dan mendukung program pelestarian satwa bersama kami agar satwa-satwa tersebut dapat tetap hidup layak dan sehat terutama di tengah kondisi sulit seperti ini. Masyarakat dapat berkontribusi dalam penggalangan dana yang kami adakan melalui beberapa platform yang infonya tertera di media sosial Jakarta Aquarium," lanjutnya.

Terkait kondisi terkini, Aldo dan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah prosedur khusus bagi pengunjung apabila Jakarta Aquarium telah kembali beroperasi. Selain itu, beberapa koleksi satwa dan event juga akan terus ditambah.

"Kami tidak sabar untuk menyambut para pengunjung kembali ke Jakarta Aquarium setelah pandemi ini berakhir. Kami juga telah menyusun beberapa prosedur keamanan dan kebersihan dan bersiap untuk menjalankan prosedur tersebut saat JAI beroperasi kembali agar pengunjung tidak perlu takut untuk berwisata di tempat kami. Selain itu, kami sudah berencana untuk mendatangkan beberapa koleksi baru ke JAI dan akan tetap menghadirkan event-event seru dengan tema berbeda," tutup Aldo.



Simak Video "Kebun Binatang Defisit Akibat COVID-19, Haruskah Satwanya Dilepasliarkan?"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA