Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Mei 2020 03:51 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Lebaran Tahun Ini Lebih Singkat

Femi Diah
detikTravel
ucapan selamat hari raya idul fitri
Foto: Getty Images/iStockphoto/sofirinaja
Jakarta -

Pandemi Virus Corona (COVID-19) membuat jadwal libur lebaran menjadi lebih singkat. Sebab, cuti bersama digeser ke akhir tahun 2020.

Virus Corona turut berimbas kepada durasi cuti bersama lebaran 2020. Awalnya, pemerintah menetapkan cuti bersama Idul Fitri berlangsung mulai 26 Mei hingga 29 Mei.

Dalam prosesnya, virus Corona menerpa Indonesia. Situasi itu membuat warga harus tetap di rumah dan jaga jarak.

Untuk memutus rantai penularan virus Corona, warga pun diimbau untuk tidak mudik seiring pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Bahkan, transportasi umum, baik pesawat, kapal, ataupun bus umum dihentikan hingga 31 Mei. Tapi, kemudian transportasi umum telah diizinkan untuk beroperasi kembali.

Imbauan untuk tidak mudik diprediksi sulit untuk dilaksanakan, karena telah menjadi tradisi tahunan bagi warga seluruh Indonesia. So, caranya adalah memangkas libur lebaran.

Awalnya, sempat muncul usulan libur lebaran 2020 digeser ke hari raya Idul Adha, namun keputusan itu dikritik ahli epidemiologi karena pandemi Virus Corona diprediksi belum reda pada periode itu.

Tambahan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri digeser ke akhir tahun pada tanggal 28-31 Desember 2020. Akibatnya, libur lebaran 2020, 24-29 Mei menjadi lebih pendek, menjadi 24-25 Mei.

Tapi, libur Idul Fitri kali ini tak betul-betul singkat. Sebab, hari raya Idul Fitri berdekatan dengan Kenaikan Isa Al Masih pada 21 Mei. Makanya, tetap ada satu hari cuti bersama pada 22 Mei yang berlanjut libur di akhir pekan.

Kemudian, hari raya Idul Fitri jatuh pada 24 dan 25 Mei. Jeda satu hari kosong, yakni pada Sabtu (23/5), merupakan hari libur perkantoran. Pada Selasa, seharusnya perkantoran sudah beroperasi meskipun besar kemungkinan masih berlaku work from home.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Ini Lima Keutamaan Bulan Suci Ramadhan dan Hadisnya"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA