Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Mei 2020 19:21 WIB

TRAVEL NEWS

Kuil Jepang Buka Layanan Online Usir Roh Jahat

Bonauli
detikTravel
Kuil Onoterusaki berikan ritual penyucian online
Ritual pengusiran roh jahat online (AP)
Tokyo -

Pandemi virus Corona membuat sejumlah kuil di Jepang tutup. Tapi, kuil-kuil itu tetap memberikan layanan doa, caranya lewat streaming.

Adalah Kuil Onoterusaki di pusat Kota Tokyo yang membuat terobosan itu. Kuil shinto ini juga tutup pintu untuk pengunjung karena pandemi Corona.

Kuil Onoterusaki memilih untuk menyediakan layanan doa online, termasuk untuk sebuah acara khusus. Ya, Kuil Onoterusaki membuka ritual Penyucian lewat Twitter.

Tradisi Penyucian itu merupakan acara tahunan di Jepang. Penyucian adalah ritual pengusiran roh jahat yang dipercaya oleh agama shinto.

Kuil Onoterusaki berikan ritual penyucian onlineKuil Onoterusaki berikan ritual penyucian online Foto: (AP)

Tak cuma penyucian dari roh-roh jahat, netizen juga bisa minta didoakan kesembuhan andai terinfeksi COVID-19. Doa-doa tersebut akan dicetak pada tablet kayu virtual.

"Saya berpikir tentang bagaimana orang dapat berdoa dan memiliki ketenangan pikiran saat berada di masa pandemi. Ide online ini memberikan kesempatan bagi orang untuk berdoa di rumah," ujar Ryoki Ono, imam kepala Kuil Onoterusaki.

Layanan virtual ini disambut baik oleh para netizen. Saat menyaksikan ritual penyucian, para netizen dibuat seolah-olah berada di dalam kuil.

Saat melakukan ritual penyucian, seorang pendeta akan menghadap layar dan melambaikan kertas pita. Kemudian sang imam akan membungkuk dan menyelesaikan ritual.

Kuil Onoterusaki berikan ritual penyucian onlineKuil Onoterusaki berikan ritual penyucian online Foto: (AP)

Semua ritual sama persis seperti yang dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. Bedanya, tak ada umat dan dilakukan di depan kamera ponsel.

Ritual penyucian ini dilakukan pada tanggal 1-10 Mei. Menjadi agama asli Jepang selama berabad-abad, kuil ini membuktikan bahwa agama bisa berkembang mengikuti perubahan zaman.

"Mungkin ini (online) menjadi cara untuk melakukannya di masa kini," ujar Naomi Shiba, salah seorang netizen yang mengikuti ritual penyucian online.

Kuil Onoterusaki berikan ritual penyucian onlineKuil Onoterusaki berikan ritual penyucian online Foto: (AP)


Simak Video "Senangnya Warga Tokyo, Bisa Nge-gym Hingga Nonton Bioskop Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA