Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Mei 2020 20:15 WIB

TRAVEL NEWS

Kuda Nil Langka Lahir Lagi di Kebun Binatang AS Setelah 30 Tahun

Putu Intan
detikTravel
Kuda Nil Pygmy
Bayi kuda nil pygmy yang lahir di Kebun Binatang San Diego (9/4/2020). Foto: dok. San Diego Zoo
California -

Kebun Binatang San Diego, California, Amerika Serikat mengumumkan kelahiran kuda nil kerdil pada pekan lalu. Momen kelahiran ini menjadi spesial karena satwa langka tersebut lahir kembali di kebun binatang ini setelah lebih dari 30 tahun.

Bayi kuda nil itu lahir dari rahim Mabel, kuda nil pygmy berusia 4 tahun. Mabel melahirkan bayinya pada 9 April lalu. Bayi itu sendiri belum diberi nama.

"Dia berdiri, berjalan dan mengikuti Mabel hanya dalam beberapa jam setelah dilahirkan, " ujar kebun binatang dalam rilis pers.

Dilansir dari Travel and Leisure, berat badan bayi itu sudah mencapai 25 pounds. Beratnya bertambah lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan pada saat lahir yaitu 12 pounds.

Pengasuh bayi juga mengatakan bahwa bayi kuda nil ini telah menunjukkan banyak perkembangan kemampuan, termasuk dapat menutup lubang hidung dan menahan napas di dalam air.

Bila sekilas dilihat, kuda nil pygmy memang terlihat lebih kecil dari kuda nil pada umumnya. Namun ada perbedaan lainnya di antara keduanya yaitu kuda nil pygmy hidup secara nokturnal dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk hidup di darat alih-alih di air.

Kuda nil pygmy adalah spesies langka yang populasinya kurang dari 2.500 ekor di dunia. Saat ini, kuda nil ini hanya dapat ditemukan di 4 negara yaitu Côte d'Ivoire, Guinea, Liberia dan Sierra Leone.

Satwa ini biasanya hidup di daerah aliran sungai di hutan yang ada di negara-negara tersebut. Namun habitatnya makin terancam karena adanya aktivitas penebangan, pertanian, dan pembangunan pemukiman manusia.

Saat ini, wisatawan belum bisa melihat bayi kuda nil pygmy dan induknya karena Kebun Binatang San Diego masih ditutup untuk mencegah penyebaran COVID-19. Meskipun nanti dibuka, kedua hewan ini juga tidak akan dipamerkan sampai bulan depan.

Posisi keduanya akan digantikan oleh Elgon, kuda nil pygmy jantan berusia 13 tahun. Elgon adalah ayah dari bayi itu namun mereka tidak akan dipertemukan dalam keluarga sebab kuda nil jantan tidak ikut membesarkan anak-anak kuda nil.



Simak Video "Cara Unik Induk Kuda Nil Ajarkan Anaknya Berenang"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA