Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Mei 2020 12:15 WIB

TRAVEL NEWS

Jelang Buka di Bulan Juni, Hotel di Yogyakarta Didisinfektan

Pradito Rida Pertana
detikTravel
hotel d i Yogyakarta didisinfektan
Foto: Pradito Rida Pertana/detikTravel
Yogyakarta -

Sebelum beroperasi kembali pada bulan Juni, sejumlah hotel mendapat program disinfeksi gratis. Hal tersebut agar kamar-kamar yang akan dibuka betul-betul steril untuk para tamu.

Ketua Indonesian Housekeepers Associaton (IHKA) Badan Pengurus Daerah (BPD) DIY, Farid Humam mengatakan bahwa kegiatan ini terealisasi berkat kerjasama dengan PT Pestindo Central Optima (PT PCO) yang memfasilitasi penyemprotan disinfektan secara cuma-cuma. Mengingat hal tersebut dapat meringankan biaya operasional hotel yang sebelumnya sangat minim pemasukan.



"Program disinfeksi gratis ini jelas meringankan beban biaya hotel-hotel sebelum beroperasi lagi (pada bulan Juni). Karena itu, kegiatan ini sangat bermanfaat sekali," katanya saat ditemui wartawan di salah satu hotel di Kota Yogyakarta, Selasa (19/5/2020).

Sementara itu, Operational Manager PT. PCO, Aang Anshorullah mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk dukungan akan kembali beroperasinya hotel pada bulan Juni mendatang. Dia menyebut, disinfeksi gratis ini menyasar 192 hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

"Program disinfeksi massal ini berlangsung sejak tanggal 18 Mei sampai 27 Mei 2020. Semua ini sebagai kontribusi kami untuk mendukung beroperasinya hotel di tengah pandemi (COVID-19)," ujarnya.

Lanjutnya, ada dua program gratis untuk hotel-hotel tersebut. Pertama yakni program penyemprotan disinfektan seperti di lobi, restoran dan kamar-kamar operasional hotel.

"Kemudian program kedua adalah pengendalian hama vektor di hotel. Seperti pengendalian hama tikus, dan serangga di hotel," ucapnya.

Sementara itu, General Manager Grand Inna Malioboro Ni Komang Darmiati mengatakan bahwa hotel Grand Inna Malioboro siap kembali beroperasi di bulan Juni mendatang. Ni Komang menyebut jika Grand Inna Malioboro akan mematuhi protokol penanganan Covid-19.

Mengingat Grand Inna Malioboro mengharuskan setiap tamu yang menginap memiliki surat keterangan sehat.

"Bagi tamu hotel yang stay harus punya declare letter, harus menyatakan dirinya itu sehat," katanya.



Simak Video "Lomba Hias Telur, Perayaan Penting Ritual Duan Yang di Kota Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA