Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Mei 2020 05:31 WIB

TRAVEL NEWS

Gara-gara Corona, Maskapai Ini Bakal Pensiunkan Boeing 777

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
delta airlines
Foto: Ilustrasi Delta Airlines (Delta.com)
New York -

Gara-gara pandemi virus Corona, maskapai Delta bakal memensiunkan pesawat Boeing 777 milik mereka. Langkah itu dilakukan untuk menghemat biaya.

Delta Airlines kabarnya akan segera memensiunkan armada Boeing 777. Total ada 18 buah pesawat Boeing 777 yang akan disingkirkan sampai akhir tahun 2020.

Menurut laporan Bloomberg yang dilihat detikTravel, Kamis (21/5/2020), Delta Airlines rela kehilangan uang sebesar US$ 1,7 miliar (setara Rp 25 triliun) untuk memesiunkan pesawat Boeing 777 dan pesawat lebih kecil lainnya yang sudah terlebih dahulu dikandangkan.

Maskapai Delta kini akan lebih mengandalkan pesawat yang lebih hemat bahan bakar dan ekonomis seperti Airbus SE A350-900 dan A330 untuk melayani rute jarak jauh mereka, dibandingkan dengan Boeing 777.

"Memensiunkan pesawat yang ikonik seperti Boeing 777 adalah keputusan yang tidak mudah. Boeing 777 sudah berperan penting bagi Delta sejak tahun 1999, memungkinkan kami untuk membuka pasar penerbangan jarak jauh dan menumbuhkan jaringan internasional kami," kata Chief Executive Officer (CEO) Delta, Ed Bastian dikutip dari Bloomberg.

Delta Airlines bukan satu-satunya maskapai yang akan memesiunkan model Boeing 777 dari armadanya. Sebelumnya, American Airlines Group sudah melakukan langkah yang sama, menyingkirkan Boeing 777 dari hangar mereka.

Langkah ini dipercaya akan mengurangi biaya operasional, mengingat saat ini laba maskapai sedang tergerus habis-habisan gara-gara pandemi virus Corona.

Dengan pensiunnya Boeing 777 maka akan ada banyak pilot Delta Airlines yang akan menganggur. Saat ini, Delta Airlines memiliki kelebihan 7.000 orang pilot dari yang dibutuhkan untuk kuartal 4 tahun ini.


Bastian mengatakan, meski berat, keputusan untuk memensiunkan armada Boeing 777 akan membuat Delta Airlines mencapai tujuan finansialnya, yaitu memangkas biaya harian hingga menuju ke angka 0 sampai akhir tahun ini.

Memensiunkan pesawat Boeing 777 juga akan mengurangi biaya pelatihan pilot, mekanik, serta biaya perawatan serta suku cadang dari pesawat tersebut.



Simak Video "Sederet Maskapai Dunia yang Bangkrut Gara-gara Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA