Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Mei 2020 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Tanaman Atsiri, Bahan Antivirus Corona Buatan RI

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Indonesia akhirnya berhasil mematenkan formula antivirus Corona dalam bentuk inhaler, diffuser oil hingga kalung antiCorona.
Antivirus corona buatan Kementan (Istimewa/Dok. Kementan)
Jakarta -

Baru-baru ini tanaman atsiri (eucalyptus) disebut sebagai produk antivirus corona dan dipatenkan Kementerian Pertanian RI. Ayo kita kenal tanaman ini lebih jauh.

Tepat Senin kemarin (18/5), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan) mematenkan produk antivirus corona berbasis tanaman atsiri. Malah, ke depannya produk tersebut akan diproduksi luas.

Menurut sang Kepala Balitbangtan, Fadjri Djufry, ia menjelaskan bahwa tanaman euchalyptus atau minyak atsiri yang memiliki kandungan senyawa aktif 1,8-cineole (eucalyptol) ini dianggap paling berdampak menekan pertumbuhan berbagai jenis virus influenza termasuk Corona. Berdasarkan uji laboratorium Balitbang, eucalyptus mampu membunuh virus virus influenza, virus Beta dan gamma corona dalam skala 80-100%.

"Dari sekian banyak tanaman herbal yang kita uji, minyak atsiri (eucalyptus) kita yang punya potensi sangat besar, kemungkinan besar sangat bisa menekan pertumbuhan virus Corona," ujar Fadjry dalam telekonferensi bertajuk Launching Anti Virus Corona berbasis Euchalyptus, Jumat (8/5).

Indonesia akhirnya berhasil mematenkan formula antivirus Corona dalam bentuk inhaler, diffuser oil hingga kalung antiCorona.Indonesia akhirnya berhasil mematenkan formula antivirus Corona dalam bentuk inhaler, diffuser oil hingga kalung anti Corona (Istimewa/Dok. Kementan)

Di Indonesia sendiri, nama tumbuhan atsiri sudah dikenal sejak lama. Di Karanganyar misalnya, di tahun 1963 sempat berdiri sebuah pabrik citronella kerjasama antar Pemerintah RI dan Belgia yang memproduksi minyak dari tanaman atsiri.

Kini, pabrik itu pun menjelma jadi Rumah Atsiri yang berbasis wisata edukasi. Agar makin paham, detikcom pun menelepon humas Rumah Atsiri, Eko Sariyanto via sambungan telepon.

"Kalau tanaman atsiri itu semua tanaman yang dia itu berkhasiat dan bisa diambil minyaknya. Kalau secara umum seperti itu. Jadi kan kalau untuk tanaman atsiri ada tanaman mpon-mpon juga. Ada tanaman yang semar atau perdu, contohnya kalau di Indonesia itu kan juga yang sering dijadikan rempah-rempah juga obat kayak jahe, sereh, cengkeh kayu manis seperti itu. Masuk dalam tanaman atsiri, karena memang selain itu digunakan secara langsung, bisa disuling atau diambil minyaknya," jelas Eko.

Arti kata atsiri

Untuk dipahami, kata atsiri merujuk pada kata sifat untuk sesuatu yang menguap. Seperti yang Eko sebutkan, tak sedikit tanaman atsiri di Indonesia. Diketahui, ada sekitar 150-200 tanaman di Indonesia yang menghasilkan minyak atsiri yang disebut berkhasiat.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA