Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Mei 2020 23:32 WIB

TRAVEL NEWS

Pemanasan Global Malah Hijaukan Antartika

Bonauli
detikTravel
Ganggang hijau di antarktika
Gangang hijau tumbuh di Antartika (AFP/Matt Davey)
Antartika -

Antartika yang diselimuti salju perlahan-lahan mulai menghijau. Sebabnya, tak lain karena pemanasan global.

Bagian dari Semenanjung Antartika akan menunjukkan pemandangan "salju hijau" saat ini. Bukan rumput, itu ganggang yang tumbuh subur seiring peningkatan suhu.

Meskipun sering dianggap tanpa kehidupan tanaman, Antartika rupanya adalah rumah bagi beberapa jenis ganggang. Ya, ganggang yang tumbuh di salju. ganggang itu juga mampu menyedot karbondioksida dari udara.


Fakta itu ditemukan oleh peneliti dari University of Cambridge dan British Antartic Survey. Mereka menggabungkan citra satelit dengan pengamatan di lapangan untuk mendeteksi pertumbuhan ganggang hijau di kawasan paling tandus di dunia itu.

Tak main-main, peneliti mengidentifikasi lebih dari 1.600 ganggang hijau tumbuh melintasi Semenanjung Antarktika. Luas permukaannya mencapai 1,9 kilometer persegi.

"Meski jumlahnya relatif kecil pada skala global, namun biomassa ini sangat signifikan di Antarktika yang jumlah tumbuhannya sangat sedikit," ujar Matt Davey dari Departemen Ilmu Tanaman Cambridge dan dikutip Sciencealert.

Ganggang hijau di AntarktikaGanggang hijau di Antarktika Foto: (AFP/Matt Davey)

"Banyak orang mengira Antartika hanyalah salju dan penguin. Faktanya, ketika kau melihat-lihat ke sudut ada banyak kehidupan tanaman," dia menambahkan.

Dengan jumlah ganggang yang menutupi permukaan seluas 1,9 km persegi itu mampu menyerap kadar CO2 yang setara dengan 875 ribu rata-rata perjalanan mobil.

Dari penelitian itu juga menunjukkan tingkat kesuburan ganggang dengan keberadaan penguin. Sebagian besar ganggang berada dalam jarak 5 kilometer (tiga mil) dari koloni penguin.

Ganggang terbantu dengan kotoran penguin yang menjadi pupuk yang sangat baik.

Ganggang hijau di AntarktikaGanggang hijau di Antarktika Foto: (AFP/Matt Davey)

"Ketika Antarktika terus menghangat di pulau-pulau kecil di dataran rendah, pada titik tertentu tak akan ada salju saat musim panas," ujar Andrew Gray, penulis utama dan peneliti di Universitas of Cambridge dan NERC Field Spectroscopy Facility di Edinburgh

Gary mengatakan bahwa 'salju hijau' yang mekar di daratan tumbuh lebih subur dibandingkan yang ada di lautan. Mungkin ada banyak CO2 yang diserap tapi merugikan karena ganggang akan menangkap lebih banyak sinar matahari dari yang seharusnya dipantulkan kembali.

"Kami berharap akan ada habitat yang lebih cocok dan menyerap lebih banyak karbon," kata dia.



Simak Video "Pemanasan Global, Lapisan Es Greenland dan Antartika Menipis Drastis"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA