Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Mei 2020 10:07 WIB

TRAVEL NEWS

9 Perubahan Hotel Usai Pandemi Corona

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Ilustrasi hotel bintang lima
Ilustrasi hotel (Foto: iStock)
Jakarta -

Hotel menjadi salah satu bisnis yang paling menguntungkan, namun langsung ambruk saat virus Corona menyerang. Nanti, Anda akan merasakan perubahan ini jika menginap setelah pandemi usai.

Hotel-hhotel bakal menerapkan aturan baru ketika beroperasional penuh dalam new normal atau normal baru nanti. Prediksi ini seperti diberitakan Lonely Planet, salah satunya yakni tiada lagi sarapan prasmanan. Apa lagi selain itu?

Sembilan perubahan hotel usai pandemi Corona reda:

1. Kebersihan

Wisatawan selalu menilai kebersihan dari suatu yang akan dan telah ditinggalinya. Oleh karena itu, pihak hotel diminta untuk menunjukkan secara langsung proses peningkatannya.

Informasi pembersihan itu meliputi area kamar, ruang meeting hingga area umum harus terbuka. Hotel juga diminta untuk diaudit kebersihannya oleh pihak berwenang.

Asosiasi hotel di Amerika, American Hotel & Lodging Association telah meluncurkan program yang disebut Safe Stay. Praktik di dalamnya akan memperlihatkan langsung terkait pembersihan hotel dan itu sesuai standar.

Protokol lain yakni Hilton CleanStay. Ada segel kamar sebagai jaminan tambahan bagi para tamu yang masuk dan menunjukkan bahwa kamar mereka belum diakses sejak dibersihkan secara menyeluruh.

2. Makanan prasmanan hotel

Siapa yang tidak suka memulai hari dengan prasmanan nasi goreng, telur orak-arik, roti bakar, hingga jus? Sayangnya, sajian prasmanan akan ditiadakan.

Masalahnya tidak mungkin mempertahankan jaga jarak saat para tamu antre makanan di pagi hari. Sajian camilan gratis untuk tamu dalam satu wadah hingga mini bar di kamar juga sangat mungkin dihilangkan.

LightStrike (Foto: GizmoChina)

3. Teknologi

Penggunaan teknologi akan sangat massif di hotel. Para tamu tidak akan disambut resepsionis yang tersenyum lagi, melainkan penerapan check-in mandiri otomatis.

Anda bisa chek-in secara virtual. Kuncinya pun digital, menggunakan smartphone Anda dan sebagian jaringan Hotel Hilton sudah akan menerapkannya.

Contoh lain, Viceroy Hotels & Resorts sekarang menggunakan Amazon Alexa di beberapa propertinya untuk mengontrol teknologi di kamar tamu, dan solusi tanpa kontak.

Manusia bahkan mungkin tidak terlibat dalam pembersihan di beberapa hotel. Contoh, Westin Houston Medical Center menggunakan robot penangkal kuman bernama LightStrike untuk membersihkan dan mendisinfeksi kamar tamu dan area umum.

4. Kenyamanan

Hotel menyediakan kolam renang untuk bersantai atau gym untuk mendapat keringat. Protokol baru mungkin diberlakukan, yakni penjadwalan, karena menurut Ukactive (badan industri kebugaran Inggris), per orang memerlukan ruang tiga meter persegi.

Menurut Kelompok Penasihat Perawatan Air Kolam, kolam renang harus aman terhadap bahaya mikrobiologis selama mereka diklorinasi dengan benar dan dioperasikan sesuai dengan standarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA