Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Mei 2020 21:30 WIB

TRAVEL NEWS

Kawasan Wisata Kaliurang Belum Dibuka, Wisatawan Diminta Putar Balik

Jauh Hari Wawan S
detikTravel
Kaliurang
Foto: (Jauh Hari Wawan/detikcom)
Sleman -
Pemkab Sleman hingga saat ini masih belum membuka seluruh kawasan wisata karena pandemi Corona. Namun, masih ada pengunjung yang nekat datang ke tempat wisata.
Pantauan detikcom pada Rabu (27/5/2020) pukul 13.45 WIB, gerbang retribusi masuk kawasan Kaliurang dijaga oleh beberapa pemuda setempat. Selama kurang dari 30 menit ada empat kendaraan berupa mobil pribadi yang diminta untuk putar balik.
Padahal di gerbang masuk telah ada banner berukuran besar yang bertuliskan 'Kawasan Wisata Kaliurang Sementara Waktu Ditutup Untuk Umum'.
Alpan (22), salah seorang pemuda Kaliurang yang berjaga di gerbang masuk menuturkan, jika kawasan wisata Kaliurang sudah ditutup sejak Maret 2020. Namun, setiap hari masih ada wisatawan yang datang.
"Sebenarnya Kaliurang itu destinasi wisatanya ditutup Dinas Pariwisata. Kita cuma melakukan filter saja, karena destinasinya tutup takutnya wisatawan kecewa dan kita juga mengantisipasi penyebaran COVID-19," kata Alpan saat ditemui di Kaliurang, Rabu (27/5/2020).
KaliurangKaliurang Foto: (Jauh Hari Wawan/detikcom)
Dia mengatakan dari pagi hingga sekitar pukul 13.45 WIB, sudah ada puluhan kendaraan dengan pelat luar daerah yang hendak berwisata di Kaliurang.
"Kita cek siapa saja yang mau masuk ke Kaliurang, tujuannya mau ke mana, kalau wisata, kita minta untuk tunda dulu. Sehari ini dari pagi sudah ada 50 kendaraan lebih yang putar balik," jelasnya.
Menurut Alpan, mereka yang diminta putar balik berasal dari luar daerah. Setelah dicek, ternyata tujuan kedatangannya adalah untuk berwisata.
"Pelat luar dari Jakarta, Bandung, Bogor sudah banyak. Kita upayakan dengan adanya pemfilteran ini bisa mencegah penyebaran COVID-19 selama destinasi ini tutup," tambahnya.



Simak Video "Olahan Seafood Unik, Sleman"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA