Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Mei 2020 12:15 WIB

TRAVEL NEWS

Kabar Gembira! Saudi Gratiskan Perpanjangan Visa Turis 3 Bulan

Putu Intan
detikTravel
Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun Rasulullah pada 8 Rabiul Awal pada 1 Hijriyah. Berada 5km dari masjid Nabawi atau sebelah tenggara di luar kota Madinah. Memiliki 19 pintu dengan 3 pintu utama. Dua diantaranya dibuka untuk jamaah Pria dan 1 untuk jemaah wanita. 

Masjid ini memiliki 4 menara yang menjulang tinggi. Masjid ini juga memiliki enam kubah besar, masing-masing berdiameter 12 meter dan 56 kubah kecil yang berdiameter enam meter.
Arab Saudi memperpanjang masa berlaku visa turis selama 3 bulan untuk menggenjot perekonomian. (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta -

Arab Saudi memberikan kemudahan bagi turis yang visanya kadaluwarsa selama periode penangguhan penerbangan internasional. Visa otomatis diperpanjang tiga bulan.

Keputusan itu disampaikan oleh Direktorat Imigrasi Arab Saudi (Jawazat) yang diambil berdasarkan kerja sama antara Jawazat dengan Pusat Informasi Nasional pada Selasa (26/5/2020). Dikutip dari Saudi Press Agency (SPA), keputusan itu membuat visa diperpanjang selama tiga bulan secara otomatis melalui sistem sehingga turis tak perlu datang langsung ke kantor imigrasi.

Kemudahan lain juga didapatkan turis dalam periode penangguhan penerbangan internasional. Seperti dikutip dari Saudi Gazette, Kamis (28/5/2020), perpanjangan visa tersebut juga tidak dikenakan biaya alias gratis.

Perpanjangan visa ini merupakan usaha pemerintah Arab Saudi untuk mengurangi dampak ekonomi sebagai konsekuensi dari penerapan langkah pencegahan penyebaran virus COVID-19 dan memastikan kesehatan serta keselamatan masyarakat, termasuk para turis.

Sebelumnya, Arab Saudi telah melonggarkan lockdown dengan mulai membuka pusat perbelanjaan mulai akhir April lalu. Warga diperkenankan mengunjungi pusat perbelanjaan mulai pukul 09.00 sampai 17.00. Pengunjung juga harus menaati protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh, menjaga jarak sejauh 2 meter, memakai masker, dan lain-lain.

Selain itu, Masjidil Haram juga akan kembali dibuka untuk tawaf dan salat wajib sedangkan Masjid Nabawi akan dibuka untuk salat dan ziarah ke makam rasul.

Dari dunia penerbangan, Arab Saudi juga mulai bersiap membuka sejumlah penerbangan domestik mulai 31 Mei 2020. Hal ini dilakukan seiring dengan pelonggaran pembatasan yang memang sudah dilakukan Arab Saudi secara bertahap, termasuk aturan jam malam yang akan dihapus mulai 21 Juni mendatang, kecuali untuk wilayah Mekah.

Sampai saat ini, Arab Saudi telah melaporkan 75 ribu kasus Corona dengan jumlah kematian hampir mencapai 400. Saudi menerapkan sejumlah aturan ketat untuk mengontrol penyebaran virus itu, termasuk meniadakan ibadah umroh.



Simak Video "Respons Menag soal Kebijakan Terbaru Saudi Terkait Haji Terbatas"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA