Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Mei 2020 15:45 WIB

TRAVEL NEWS

Masjid Al Aqsa Buka Akhir Pekan Ini, Jamaah Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Masjid Al-Aqsa, Kiblat Suci Umat Islam yang Pertama

Masjid Al-Aqsa di Palestina ditutup akibat wabah Corona. Yuk kita lihat masjid yang pernah menjadi kiblat suci umat Islam yang pertama itu.
Foto: Getty Images/Spencer Platt
Jakarta -

Situs islam paling suci ketiga, Al Aqsa, akan kembali dibuka untuk ibadah mulai akhir pekan ini. Jamaah diminta menjalankan protokol kesehatan.

Al Aqsa tutup lebih dari dua bulan karena virus Corona. Dikutip Arab News oleh detikcom, Jumat (29/5/2020), wakaf islam yang mengawasi situs-situs suci kota sepakat akan memulai kembali salat di Masjid Al Aqsa dengan penerapan pencegahan virus Corona.

Pembukaan kembali Masjid Al Aqsa akan dibantu oleh sukarelawan lokal yang akan memastikan langkah-langkah kesehatan itu berjalan dengan lancar. Di antaranya, menerapkan jarak sosial.

Menurut anggota Wakaf Islam, Khalil Assali, umat Islam yang datang ke Masjid Al Aqsa langkah-langkah keselamatan itu telah diatur oleh Kementerian Kesehatan Palestina. Salat jamaah di Masjid Al Aqsa akan dimulai Minggu (31/5) pada salat subuh.

"Kami telah menginstruksikan penjaga wakaf untuk mengambil semua tindakan pencegahan untuk menghindari kepadatan, terutama di gerbang masjid," kata Khalil.

Direktur Royal Hashemite Fund untuk pemulihan Al Aqsa, Wasfi Kaulani mengatakan bahwa pihak berwenang di Yerussalem telah membuat semua persiapan yang diperlukan untuk kembalinya para jamaah dengan selamat.

"Seluruh kompleks Al Aqsa didisinfektan dan sebuah (tanda) lingkaran dibuat untuk memastikan bahwa jamaah menjaga jarak ketika mereka berdoa," kata Wasfi.

Dia menambahkan kompleks Al Aqsa menampung masjid, aula, dan alun-alun besar itu diyakininya akan kembali menampung ribuan jamaah.

Penjaga wakaf, Naser Abu Sharif, mengatakan bahwa seluruh staf akan dikerahkan untuk bekerja sama dengan sukarelawan untuk memastikan langkah-langkah pencegahan penyebaran COVID-19 berjalan dengan semestinya. Dia berharap ribuan jamaah datang ke masjid pada hari Minggu.

"Kami mengharapkan ribuan (jamaah) untuk menghadiri salat malam pada hari Minggu," dia menambahkan.

Senada, aktivis Yerusalem optimistis orang-orang akan mematuhi peraturan kesehatan yang telah diterapkan. Banyak umat islam yang menantikan untuk kembali salat berjamaah dan ingin kembali beribadah di masjid, apalagi di Masjid Al Aqsa.

"Keputusan dewan wakaf telah diterima dengan baik dan orang-orang ingin kembali (ibadah) ke Al Aqsa, sementara juga mengikuti pedoman ketat dari pejabat dan penjaga wakaf. Orang-orang di Yerusalem telah melewatkan pergi ke masjid dan ingin kembali," kata Zuhikah, salah satu aktivis Yerussalem.



Simak Video "Israel Tangkap Dua Jemaah Palestina di Hari Idul Fitri"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA