Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Mei 2020 18:15 WIB

TRAVEL NEWS

Jurus Grab Tingkatkan Pariwisata & UMKM di Era New Normal

Alfi Kholisdinuka
detikTravel
Ridzki  Kramadibrata
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Grab Indonesia hari ini menandatangani Nota Kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata dan UMKM Ekonomi Kreatif (Ekraf) Indonesia. Kerja sama ini bertujuan untuk membantu meningkatkan gairah pariwisata serta UMKM Ekraf pasca pandemi COVID-19 atau dimulainya periode new normal.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan hal ini sejalan dengan misi GrabForGood untuk menciptakan inovasi dari teknologi agar dapat memberi dampak positif. Mengingat, selama masa pandemi pihaknya terus memperkuat layanan untuk mendukung digitalisasi bisnis ekonomi kreatif agar dapat bertumbuh dan memberi layanan bagi masyarakat.

"Kami sangat senang bisa bermitra dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk merangkul lebih banyak mitra pelaku ekraf sehingga mereka bisa bangkit dan terus maju di tengah situasi ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (29/5/2020).

Melalui kerja sama ini, nantinya Grab akan mendukung gerakan #BeliKreatifLokal yang merupakan program percontohan dari kampanye #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi Pemerintah Indonesia untuk mendukung pertumbuhan UMKM Ekraf di tengah pandemi COVID-19.

Dukungan yang diberikan termasuk, pendampingan proses onboarding mitra-mitra UMKM ke layanan GrabFood dan GrabMart, skema kerja sama yang dikustomisasi untuk para mitra #BeliKreatifLokal yang terdaftar di GrabFood dan GrabMart, motifikasi khusus #BeliKreatifLokal di GrabFood untuk meningkatkan visibilitas mitra UMKM kepada pengguna. Serta dukungan program pemasaran dan jalur komunikasi bagi mitra UMKM di layanan GrabFood dan GrabMart.

"Kami berharap bahwa upaya kami dapat mendukung pemerintah untuk pemulihan sektor pariwisata dan UMKM Ekraf di Indonesia. Ini juga merupakan bagian dari misi GrabForGood sebagai wujud nyata usaha kami dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia melalui inovasi teknologi yang kami hadirkan melalui ekosistem kami," jelas Ridzki.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menuturkan dalam masa pandemi ini, peran digitalisasi makin terakselerasi dan menjadi begitu penting. Pemerintah telah meluncurkan kampanye nasional Bangga Buatan Indonesia.

"#BeliKreatifLokal menjadi salah satu program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar mitra yang terdampak COVID-19 dapat bangkit sehingga bisa menyokong perekonomian Bangsa. Dengan menggandeng mitra yang lebih banyak, seperti kerja sama dengan Grab Indonesia ini, akan semakin mengoptimalkan program dan memberikan bantuan untuk meningkatkan produktivitas pelaku ekraf," ungkap dia.

GrabGrab Foto: dok Grab

Sebagai informasi, nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Nia Niscaya, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Republik Indonesia dan Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia secara virtual dan disaksikan oleh Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia serta mitra strategis lainnya.

Diketahui Grab dan Kemenparekraf sendiiri memiliki tujuan yang sama untuk membantu mendorong pemulihan sektor pariwisata pasca pandemi COVID-19. Selain dukungan bagi gerakan #BeliKeratifLokal, kedua belah pihak telah membentuk kolaborasi strategis yang berfokus pada beberapa hal utama berikut:

Kerja sama co-branding yang dilakukan oleh Grab dan Kemenparekraf melalui beberapa program dalam mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia melalui aplikasi Grab yang dapat diakses oleh jutaan pengguna di Asia Tenggara.

Dukungan destinasi wisata super prioritas melalui layanan-layanan yang dimiliki oleh Grab seperti layanan transportasi online GrabCar Airport, GrabCar dan GrabBike, layanan pesan antar makanan oleh GrabFood, serta layanan lainnya yang dapat mendukung pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Dukungan ini merupakan kelanjutan dari peluncuran operasional Grab Toba dan kerja sama strategis dengan Kemenpar melalui Badan Pelaksana Otorita Danau Toba untuk mendukung sektor pariwisata Danau Toba dan sekitarnya yang diresmikan tahun lalu.

Sebelumnya Grab dan Kemenparekraf telah meluncurkan layanan armada roda empat khusus yang menyediakan transportasi bagi tenaga kesehatan yang melayani antara Rumah Sakit Angkatan Laut Mintoharjo (RSAL Mintoharjo) dan Hotel Le Meridien. Armada khusus ini akan menghadirkan layanan yang aman dan nyaman untuk menuju tempat bertugas.



Simak Video "Skuter Listrik Beroperasi Lagi di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA