Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 30 Mei 2020 05:48 WIB

TRAVEL NEWS

Derita di Surga Satwa Saat Pandemi Virus Corona

Femi Diah
detikTravel
Keel-billed Toucan - Ramphastos sulfuratus  also known as sulfur-breasted toucan or rainbow-billed toucan, Latin American member of the toucan family, national bird of Belize.
Burung tukan, endemik Amerika Tengah di Kebun Binatang Belize. (Getty Images/iStockphoto/phototrip)
Belize -

Kebun Binatang Belize memiliki reputasi sebagai surga bagi satwa penghuninya. Tapi, sejak virus Corona mewabah, tempat itu tak lagi sama.

Mayoritas jewan penghuni Kebun Binatang Belize adalah satwa yang diselamatkan dari pemburu gelap, kondisi buruk, adopsi, atau titipan dari kebun binatang lain. Di sana tinggal hewan-hewan asli Amerika Tengah.

Pengunjung kebun binatang itu bisa menjumpai jaguar, burung tukan (kerabat burung rangkong), tapir, dan spesies endemik lainnya. Biasanya, Kebun Binatang dan Pusat Pendidikan Tropis Belize itu dikunjungi lebih dari 68 ribu pelancong setiap tahun, dengan 15 ribu di antaranya murid sekolah, guru, dan orang tua.

Tapi, tak ada lagi pelancong saat Belize di-lockdown karena pandemi virus Corona. Pendiri Kebun Binatang Belize, Sharon Matola, bilang ketiadaan pengunjung berimbas kepada keuangan kebun binatang. Dampaknya, mereka kesulitan menyediakan makanan untuk satwa yang ada di sana.

"Animal tidak tahu apa yang terjadi, tapi ini menjadi tantangan untuk membuat semuanya sehat," kata Matola seperti dikutip DW.

Beruntung, penduduk lokal Belize membantu kebun binatang itu dengan menggalang dana. Mereka menyumbangkan apapun agar satwa yang ditinggal di kebun binatang itu bisa makan dan mendapatkan suplemen.

Tak cuma kebun Binatang Balize yang kesulitan menyediakan makanan untuk satwa saat pandemi virus Corona. Lembaga nonpemerintah Penyelamatan Burung Belize juga mencari cara untuk bisa menghidupi burung-burung yang ada setelah jumlah wisatawan anjlok karena COVID-19.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA