Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 30 Mei 2020 09:05 WIB

TRAVEL NEWS

Pengusaha Hotel Tingkatkan Protokol Kesehatan Hadapi New Normal

Nurcholis Maarif
detikTravel
IHG Hotels & Resorts
Foto: Dok. IHG Hotels & Resorts
Jakarta -

Menjelang pemberlakuan new normal, semua lini mencoba menyesuaikan ekspektasi tatanan baru di tengah pandemi. Tak terkecuali lini pariwisata yang meliputi perjalanan dan hotel, di mana sebelumnya paling awal terdampak sejak COVID-19 melanda dunia.

Untuk beradaptasi dengan norma dan ekspektasi baru tersebut, salah satu grup hotel, IHG® Hotels & Resorts menggandeng industri Cleveland Clinic, Ecolab, dan Diversey meluncurkan IHG Clean Promise secara global.

Chief Executive Officer IHG, Keith Barr mengatakan masa depan perjalanan mungkin terlihat berbeda, tetapi masa menginap yang aman dan nyaman merupakan hal mendasar untuk mewujudkan true hospitality (keramahtamahan sejati) dan itu tidak akan pernah berubah.

"Dengan mengombinasikan pengetahuan dan proses kelas dunia IHG, dengan pengetahuan mutakhir dari para ahli, Cleveland, Ecolab dan Diversey, kami bisa meyakinkan para tamu dan kolega, bahwa fokus kami adalah untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan mereka," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/5/2020).

"Ini termasuk melihat bagaimana teknologi dapat membuat perbedaan, menerapkan langkah-langkah kebersihan yang ditingkatkan, lebih terlihat dan lebih sering, serta dengan pendekatan berbeda untuk makanan dan minuman, semua itu didukung oleh janji baru kami, yaitu IHG Clean Promise (Janji Kebersihan IHG)," imbuhnya.

IHG Hotels & ResortsIHG Hotels & Resorts Foto: Dok. IHG Hotels & Resorts

Keith menjelaskan IHG memiliki prosedur kebersihan yang teliti sejak lama. Diresmikan pada tahun 2015, program IHG Way of Clean dikembangkan bersama Ecolab dan Diversey, dua perusahaan terdepan dalam teknologi dan jasa kebersihan.

Program ini sekarang diperluas dengan penambahan protokol dan praktik terbaik COVID-19, yang mana beberapa sudah dijalankan, sebagai anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organisation), Pusat Pengendalian & Pencegahan Penyakit dan otoritas kesehatan masyarakat setempat di seluruh dunia.

Kata Keith, IHG Way of Clean sudah termasuk dengan pembersihan mendalam dengan disinfektan dengan standar rumah sakit. Tamu yang akan datang mendapatkan prosedur kebersihan yang lebih berkembang di setiap area hotel, termasuk reception, kamar tamu, area dan fasilitas publik, serta makanan dan minuman.

IHG Hotels & ResortsIHG Hotels & Resorts Foto: Dok. IHG Hotels & Resorts

Lebih lanjut Keith menjelaskan IHG bekerja sama dengan tim ahli medis terkenal di dunia, Cleveland Clinic untuk mengembangkan panduan dan sumber daya bagi kolega hotel untuk kembali bekerja serta menjaga keamanan tamu di lingkungan baru.

"Dengan langkah-langkah yang diperbaharui, IHG meluncurkan Clean Promise. Diluncurkan secara global mulai 1 Juni 2020, para tamu dapat memastikan bahwa kamar mereka akan memenuhi standar kebersihan IHG. Jika tidak, hotel akan memperbaikinya," ujarnya.

Ia melanjutkan, Dewan IHG Global Cleanliness baru mempimpin protokol ini yang terdiri dari para ahli IHG dalam bidang operasional, kesehatan, keselamatan, dan pengalaman tamu, bekerja sama dengan spesialis eksternal baru, termasuk James Merlino, Chief Clinical Transformation Officer dari Cleveland Clinic, untuk menentukan solusi, praktik terbaik, dan penerapan proses.

Sedangkan pada level properti hotel, tim hotel akan menunjuk Clean Champions atau penanggung jawab kebersihan untuk terus membangun budaya kebersihan yang ditanamkan di hotel-hotel IHG seluruh dunia.

(prf/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA