Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Jun 2020 13:41 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Maldives, Ini Cuma Kalimantan

Bonauli
detikTravel
Maratua Island
Maratua (Melati Raya Sihotang/d'Traveler)
Derawan -

Kepulauan Derawan dikenal sebagai ikon wisata bahari andalan Kalimantan. Mumpung Kalimantan sedang ramai diperbincangkan, kenalan yuk dengan Derawan.

Siapa yang tak kenal dengan Maldives? Keindahan laut dengan bentang pasir pantai putih menjadikannya sebagai destinasi romantis yang jadi favorit turis dunia.

Tak perlu jauh-jauh ke Maladewa, Indonesia juga punya yang seperti itu, Kepulauan Derawan. Kepulauan di Kalimantan Timur ini tak kalah dari Maldives.

Gugusan pulau ini terdiri dari Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, Biduk, Nabuko, Kakaban, hingga Pulau Panjang. Banyak pulau gosong atau pulau yang muncul saat pergantian pasang surut yang jadi tempat wisata.

Jika ingin melihat danau yang indah dengan air yang sangat jernih bagaikan cermin, bisa kunjungi danau yang ada di Kalimantan Timur bernama Danau Labuan Cermin.Jika ingin melihat danau yang indah dengan air yang sangat jernih bagaikan cermin, bisa kunjungi danau yang ada di Kalimantan Timur bernama Danau Labuan Cermin. Foto: Istimewa/dok.falahbayhaqi.com



Kepulauan Derawan memang memiliki penginapan-penginapan di atas laut. Ini mengapa julukan Maldives Indonesia diberikan untuknya.

Derawan sendiri menjadi surga bawah laut bagi para penyelam. Manta, penyu hijau hingga terumbu karang yang sehat menjadi pusat dari pariwisatanya.

Kalimantan yang identik sebagai rumah hewan langka juga punya sesuatu yang menarik di Kepulauan Derawan. Di Pulau Kakaban ada danau purba yang berisi dengan ubur-ubur tanpa sengat.

Ubur-ubur di KakabanUbur-ubur di Kakaban Foto: (brigits_emilianav/d'Traveler)

[Gambas:Youtube]





Jangan lupakan Labuan Cermin yang tiada dua. Pun wisata melihat whale shark laris manis di Dewaran.

Masih mau bukti kalau Kalimantan tersohor? Pangeran Wiliam adalah salah satunya. Penerus Kerajaan Inggris ini pernah menyelam di Maratua.

Untuk bisa berkunjung ke sini, kamu bisa menggunakan pesawat dengan tujuan Bandara Kalimarau. Jangan kaget ya, bandaranya bersih dan keren. Benar-benar jauh dari kata ketinggalan zaman.

Tak ada lagi yang perlu dibuktikan soal keindahan Kepulauan Derawan. Kalau sudah selesai pandemi Corona, pastikan untuk mencoba liburan ke Kalimantan, traveler.



Simak Video "Unik Hanya Dua di Dunia, Ubur-ubur Tanpa Sengat Danau Kakaban Derawan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA