Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Jun 2020 20:40 WIB

TRAVEL NEWS

Fenomena Astronomi di Kalender Juni 2020, Bisa Ditonton di Mana Aja Sih?

Puti Yasmin
detikTravel
Beberapa bulan terakhir ini bumi terus dihujani oleh partikel asteroid dari luar angkasa. Setidaknya ada fenomena alam yang indah untuk dinikmati seperti hujan meteor Lyrids dan Eta Aquarids. 

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) membagikan kalender astronomi yang akan terjadi pada bulan Mei ini. Salah satunya adalah fenomena alam hujan meteor Eta Aquarids yang terjadi tadi malam dan beberapa hari kedepan.
Foto: Getty Images/Dan Kitwood/Fenomena Astronomi di Kalender Juni 2020, Bisa Ditonton di Mana Aja Sih?
Jakarta -

Ada banyak fenomena astronomi yang terjadi di kalender Juni 2020. Beberapa fenomena ini diketahui jarang terjadi sehingga menjadi momen langka dan sayang untuk dilewatkan.

Adapun, fenomena-fenomena tersebut adalah konjungsi Saturnus dan Jupiter (1 Juni), bulan berada pada titik terdekat dengan bumi (3 Juni), konjungsi inferior Venus & Merkurius di Elongsi Timur Maksimum (4 Juni), bulan memasuki bulan purnama (5 Juni), gerhana bulan penumbra dan strawberry full moon (6 Juni), konjungsi bulan dan Jupiter (8 Juni), dan konjungsi tripel bulan, Jupiter, dan Saturnus (8-9 Juni).

Kemudian, ada juga fenomena bulan pada fase perbani akhir & konjungsi bulan dan mars (13 Juni), bulan berada di titik terjauh bumi (15 Juni), konjungsi bulan dan Venus (19 Juni), gerhana matahari cincin dan bulan memasuki fase bulan baru (21 Juni), konjungsi bulan dan Merkurius dan titik balik matahari Juni (22 Juni), bulan memasuki fase perbani awal (28 Juni), serta bulan berada di titik terjauh bumi (30 Juni).

Berikut lokasi untuk menonton fenomena astronomi sepanjang Kalender Juni 2020:

1. Planetarium

Planetarium yang terletak di Cikini, Jakarta Pusat ini menyediakan fasilitas untuk menonton fenomena astronomi yang terjadi. Bila tertarik, pengunjung bisa datang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Namun, untuk sementara waktu Planetarium menutup pelayanan operasi karena pandemi COVID-19. Penutupan tersebut dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan.

2. Bosscha

Observatorium Bosscha juga menjadi salah satu tempat untuk menonton fenomena astronomi selama Kalender Juni 2020. Adapun waktu kunjungan ke lokasi ini biasanya dilakukan pada siang dan malam hari.

Hanya saja, mengingat pandemi virus Corona, Bosscha menutup kunjungan umum sejak Maret lalu. Seperti diketahui, ada beberapa alat bantu yang bisa digunakan untuk memantau fenomena astronomi.

3. Rumah

Agar tetap aman selama pandemi virus corona, beberapa fenomena astronomi bisa dinikmati langsung dari rumah. Bahkan, fenomena tersebut bisa dilihat tanpa memerlukan alat bantu, misalnya puncak hujan meteor Arietid (10 Juni), Komet c/2019 U6 (22 Juni), hingga fase bulan.

Selamat menikmati fenomena astronomi di kalender Juni 2020 ya!



Simak Video "Kalender Balap MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA