Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Jun 2020 19:33 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Jadwal Buka Museum dan Tempat Wisata Jakarta di Masa Transisi

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Penerapan new normal segera diberlakukan di Jakarta. Kawasan wisata Kota Tua pun tengah bersiap. Yuk, intip foto-fotonya.
Ilustrasi Kota Tua Jakarta (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Bulan Juni ini akan menjadi masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di Jakarta. Sejumlah tempat wisata seperti museum dan lainnya pun akan beroperasi kembali.

Baru siang tadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan rencananya untuk memperpanjang masa PSBB DKI Jakarta yang sejatinya usai hari Kamis ini (4/6/2020). Namun, bulan Juni akan menjadi PSBB transisi.

"Saat ini statusnya tidak berubah, tetap PSBB, tapi kita mulai melakukan transisi di bulan Juni, menuju apa? Menuju aman sehat produktif," lanjutnya.

Bagi Disparekraf DKI Jakarta, kode masa transisi di bulan Juni itu juga disambut dengan rencana pembukaan kembali sejumlah tempat wisata. Hal itu pun diungkapkan oleh Kadisparekraf DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia saat dihubungi terpisah oleh detikcom.

"Yang sudah dibuka untuk masa transisi ini ada restoran, hotel, lapangan golf, juga beberapa objek wisata yang sifatnya outdoor, museum," ujar Cucu.

Adapun, pembukaan kembali sejumlah tempat wisata di masa transisi ini terus dikontrol dan dipantau. Semua yang diizinkan kembali buka diwajibkan menerapkan protokol kesehatan terbaru.

"Untuk yang dibuka sudah selesai. Protokol COVID-nya sudah, tinggal nanti penerapan di lapangan kita kudu cek. Kita sudah ada checklist," urai Cucu.

Terkait waktu pembukaan tempat wisata di masa transisi, pihak Pemprov DKI Jakarta pun sudah memberikan tanggalnya. Antara lain:

Rumah makan (mandiri): 8-14 Juni
Mal: 15-21 Juni
Taman rekreasi indoor/outdoor: 15-21 Juni
Kebun binatang: 15-21 Juni
Museum/galeri: 8-14 Juni
Perpustakaan: 8-14 Juni
Taman/RPTRA: 8-14 Juni
Pantai: 8-14 Juni

Hanya untuk bioskop, gedung pertemuan, festival dan lainnya, masih menunggu keputusan lebih lanjut di masa transisi fase II mendatang. Di mana keputusannya akan merujuk kembali pada evaluasi dari masa transisi fase I di bulan Juni ini.



Simak Video "Anies Soal Penindakan PSBB: Tegas Bukan Berarti Bengis!"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA