Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Jun 2020 07:15 WIB

TRAVEL NEWS

10 Negara yang Punya Paspor Terkuat Tahun 2020

Bonauli
detikTravel
Menangani Pandemi: Pelajaran dari Swedia
Ilustrasi Swedia (detik)
Stockholm -

Di tengah pandemi virus Corona, Swedia muncul sebagai negara dengan paspor paling kuat dunia di tahun 2020. Apa alasannya?

Data ini diluncurkan oleh Nomad Passport Index. Swedia berhasil naik satu peringkat dari sebelumnya berada di posisi kedua.

Prestasi ini didapat oleh Swedia karena memberikan perjalanan tanpa visa untuk memasuki 186 negara, kebebasan personal dan reputasi global yang baik.

Di bawah Swedia ada Luxemburg dan Irlandia dengan skor yang sama. Tapi, Swedia menjadi yang pertama dalam kategori keseluruhan.

Swiss, Belgia, dan Finlandia berada di urutan selanjutnya.

Bagaimana posisi negara Asia?

Dari Asia, hanya Singapura yang masuk dalam rangking 10 besar. Sementara itu, Jepang gagal masuk dalam urutan 20 besar. Jepang harus puas untuk duduk di peringkat ke-21.

Data paspor terkuat ini menilai 199 paspor dalam lima kriteria, kemudahan travel tanpa visa (50%), aturan perpajakan (20 persen), penerimaan global (10%) kewarganegaraan ganda (10 persen) dan kebebasan personal (10 persen).

Secara total, 8 dari 10 paspor terbaik dunia berasal dari Uni Eropa. Berikut adalah 10 negara pemegang paspor terbaik dunia tahun 2020:

1. Swedia
2. Luxemburg
3. Irlandia
4. Swiss
5. Belgia
6. Finlandia
7. Portugal
8. Singapura
9. Republik Ceko
10. Malta

Pandemi virus Corona tak hanya mematikan dan menyerang negara-negara di dunia, tapi juga peringkat paspor secara global. Kini, semua paspor seakan setara.

Di hadapan virus Corona atau COVID-19, negara-negara membatasi diri dengan amat selektif memilih keluar masuk traveler asing. Bahkan, penerbangan pun disetop.

Paspor yang sebelumnya menjadi benda senjata sakti atau justru merupakan halangan untuk memasuki negara lain, tak memiliki makna apa-apa.

Di mana posisi paspor Indonesia?

Paspor hijau Indonesia yang ada di peringkat ke-128 dunia hanya bisa menembus perjalanan ke negara lain tanpa visa menuju 30 negara.



Simak Video "Cerita dari Swedia, Salah Satu Negara dengan Puasa Terlama di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA